Harbolnas Dimanfaatkan untuk Beli Pulsa dan Bayar Tagihan

Ilustrasi Hari Belanja Online Nasional
Sumber :
  • Twitter/@PaninBank

VIVA – Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas sudah memasuki tahun kelima. Harbolnas 2017 diikuti 250 pelaku e-commerce.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Platform Shopback menyurvei 1.260 konsumen Indonesia yang gemar belanja online menjelang Harbolnas tahun ini. Salah satu hasilnya, alasan dominan konsumen belanja di Harbolnas karena promo dan diskon yang menarik.

“Sebanyak 37 persen responden ingin berbelanja di Harbolnas 2017 karena voucher potongan yang diberikan e-commerce. Sedangkan 36 persen responden tertarik karena harga spesial yang
ditawarkan selama Harbolnas berlangsung. Selain voucher potongan dan harga spesial responden juga masih mengharapkan promo menarik lainnya saat Harbolnas 2017 berlangsung,” ujar Country Manager dan Co-Founder ShopBack Indonesia, Indra Yonathan ditemui di Gedung Agro Plaza, Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Dari sisi kepercayaan konsumen terhadap promo merchant pun meningkat. Indra menuturkan, 93,1 persen responden mengungkapkan kepercayaannya terhadap diskon, harga spesial, dan promo-promo menarik dari pelaku e-commerce selama Harbolnas berlangsung.

Indra membeberkan, untuk kategori produk yang bakal dikejar oleh pengguna, paling banyak adalah gadget dan aksesori (56,6 persen). Kategori ini masih menjadi primadona, sama seperti tahun lalu.

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

Di bawah kategori gadget dan aksesori, yang paling diburu pembeli secara berurutan yaitu fesyen (53,4 persen), keperluan rumah tangga (50,1 persen) yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Kategori produk lain yang juga masih sangat diminati adalah produk kecantikan (29,3 persen) dan tiket (16,2 persen).

Dari survei perilaku konsumen yang dilakukan ShopBack, tahun ini konsumen juga menunjukkan tren baru yaitu tertarik untuk membeli pulsa (31,9 persen) dan membayar berbagai tagihan (16,4 persen) saat Harbolnas berlangsung.

Belanja di dua e-commerce

Survei ShopBack menjelang Harbolnas 2017 juga menemukan fakta-fakta menarik. Tahun ini banyak konsumen di Indonesia yang akan berbelanja melalui smartphone (67,4 persen).

Indra menuturkan, tingginya minat konsumen untuk berbelanja melalui smartphone saat Harbolnas harus menjadi perhatian para pelaku e-commerce.

Mayoritas konsumen akan berbelanja dari rumah (58 persen) dan menyukai belanja pada pukul 09.00 hingga 12.00 (25,8 persen) atau pada jam 12.00 siang sampai 15.00 (17,1 persen).

Penemuan unik lainnya dari survei tahun ini, sebanyak 56,9 persen responden yang berprofesi sebagai karyawan, mengaku tidak merasa terganggu dengan kegiatan belanja saat Harbolnas. Para responden juga mengungkapkan akan berbelanja bukan hanya di satu e-commerce saja.

Sebanyak 33,7 persen akan berbelanja pada dua e-commerce berbeda, sedangkan 31,9 persen akan berbelanja pada 3 e-commerce berbeda selama Harbolnas berlangsung.

“Survei perilaku konsumen ini akan membantu para pelaku e-commerce di Tanah Air. Melihat hasil survei perilaku konsumen menjelang Harbolnas 2017 yang dilakukan oleh ShopBack diharapkan dapat meningkatkan strategi pemasaran dari para pelaku e-commerce," ucap Indra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya