Suasana Ruang Kendali Mesin Sensor Kominfo Mirip Kantor NASA

Ruang Pusat Kendali NASA di Houston, Amerika Serikat.
Sumber :
  • RotoViz

VIVA – Mesin sensor internet Kementerian Komunikasi dan Informasi akan diserahterimakan dari PT Inti (Persero) atau Industri Telekomunikasi Indonesia selaku pemenang tender pada 29 Desember 2017.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menuturkan, ruang kendali mesin sensornya dirancang seperti pusat kendali operasi milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Menurutnya, ruang kendali mesin sensor ini akan dikelilingi ruang kaca yang bisa dilihat dari luar. Ia mengatakan, yang bisa masuk ke dalamnya hanya tim khusus Kominfo yang terdiri dari 58 orang.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

"Anda tidak bisa masuk ke dalam ruang pusat sistem pengendali, hanya lihat dari kaca saja. Kaya NASA begitu yang di markas besarnya di Houston, Amerika Serikat," kata Sammy, sapaan akrabnya, Selasa, 19 Desember 2017.

Ruang kendali dan mesin sensor ini dipastikan ditempatkan di lantai 8 Gedung Kominfo. Sammy juga memastikan bahwa mesin ini diklaim mampu melakukan crawling 10 kali lebih cepat dalam mendeteksi konten negatif.

Sampah China Diburu Amerika

Crawling artinya mesin tersebut akan menganalisa secara otomatis sesuai kriteria konten negatif yang ditetapkan. Terlebih lagi dengan tambahan kecerdasan buatan atau artifical intelligence (AI), cara kerja mesin sensor internet akan serba otomatis.

Hal ini sangat berbeda dengan pendeteksian konten negatif terdahulu yang diproses secara manual dengan sistem ticketing melalui situs Trust Positif.

"Crawling itu bagaimana cara kerja mesin pencari (search engine). Kita masuk di konten bukan URL. Begitu halaman pertama kita baca baru bisa dikategorikan," paparnya. Mesin sensor internet ini akan beroperasi awal Januari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya