2017, BPPT Pamer Pendapatan Lebih dari Rp200 Miliar

Kepala BPPT Unggul Priyanto.
Sumber :
  • Twitter/@BPPT_HUMAS

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menutup tahun dengan mengumbar capaian-capaian sepanjang 2017. Setidaknya ada 11 inovasi yang diciptakan oleh BPPT dan itu sudah dikomersialkan alias dihilirisasi.

Dorong Program Pemerintah Dalam Pencegahan Stunting Melalui Optimalisasi Posyandu

"BPPT selalu berupaya agar inovasi dan layanan teknologi memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan kompetensi daya saing nasional, yang bermuara pada percepatan pembangunan nasional," ujar Kepala BPPT, Unggul Priyanto di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2017.

Unggul menyebut, berkat inovasi-inovasi tersebut, tahun ini BPPT mendapat pemasukan lebih dari Rp200 miliar. Rinciannya adalah gabungan dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Badan Layanan Umum (BLU).

5 Inovasi Teknologi di Tahun 2022 yang Membantu Dunia Kedokteran

Adapun 11 inovasi di 2017 yaitu produksi dan komersialisasi implan tulang, produksi biskuit untuk pangan darurat, produksi dan komersialisasi mesin kopi sangrai, komersialisasi mi dan beras berbasis tepung lokal, produksi zinc stearate, dan produksi rubber airbag. Selain itu, ekstruder mi, bio peat, beta glucan, xilanase, dan terakhir bahan baku tanaman obat.

Nah, sebagian dari inovasi-inovasi tersebut sudah terjual dan menghasilkan uang. Contohnya saja teknologi implan tulang, BPPT mendapat royalti 10 persen dari penjualan. Dalam hal produksi dan komersialisasi, BPPT bermitra dengan PT Zenith.

Mentan Optimalkan Implementasi Teknologi untuk Kembangkan Sektor Pertanian

Lalu, mesin kopi sangrai, BPPT mendapat royalti 15 persen dari penjualan. Produksi dan komersialisasi bermitra dengan PT Asindo Tech.

"Memang ada yang sudah jalan produksi. Ada yang beli tapi ada yang di pabrik baru jadi. Ada juga yang baru jualan tahun depan, nanti royalti diperoleh tahun depan," tutur Unggul.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri Pekan Nasional di Padang

Kementan Tampilkan Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Solusi Bagi Petani

Pekan Nasional (Penas) sukses menarik perhatian. Seluruh Eselon I lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) termasuk Direktorat Jenderal Perkebunan turut serta meramaikan

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2023