Solusi E-Logistik Disebut Bagian dari Inovasi Disruptif

Ilustrasi inovasi.
Sumber :
  • REUTERS.com

VIVA – Perkembangan teknologi yang sangat masif saat ini tidak bisa dipungkiri. Inovasi disruptif atau disruptive innovation telah menjadi tren model bisnis dunia dalam kurun lima tahun terakhir.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Disruptive innovation memang sedang merajai pola bisnis belakangan ini, serta mampu merubah model bisnis konvensional yang sudah ada.

"Sebut saja Gojek, Uber, Grab, Airbnb, dan Alibaba. Mereka adalah contoh nyata keberhasilan disruptive innovation. Baik di Indonesia maupun global. Mereka membuat konsep bisnis based on customer experience atau apa yang dibutuhkan masyarakat," kata CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, Adel Rahadi, dalam keterangannya, Kamis, 28 Desember 2017.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Ia melanjutkan, model bisnis ini mampu menjadi solusi untuk permasalahan masyarakat yang selama ini dihadapi. Pada 2018, SISI akan meluncurkan solusi e-logistik.

Menurutnya, solusi ini nantinya diharapkan mampu menjadi penyambung antara kebutuhan perusahaan akan kebutuhan angkutan muatan dan perusahaan pemilik jasa angkutan yang mencari muatan.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

"Kami berkomitmen untuk terus meluncurkan produk teknologi informasi unggulan buatan anak negeri sebagai solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat," ungkapnya.

Pada 2016, perusahaan teknologi informasi dan komunikasi milik Semen Indonesia ini sudah meluncurkan sistem ERP bernama FORCA ERP.

Sistem ini mampu menjadi solusi dalam transformasi digital proses bisnis pada perusahaan di Indonesia.

Adel mengaku transformasi bisnis merupakan hal yang seringkali membuat takut para manajemen perusahaan. Sebab, manajemen harus dapat beradaptasi dan membenahi seluruh proses bisnisnya.

Namun, dilatarbelakangi oleh cepatnya perkembangan teknologi dunia tersebut, perusahaan di Indonesia pun berlomba-lomba melakukan perubahan pada penggunaan teknologi informasi.

"Pada era ini teknologi jelas tidak lagi digunakan sebagai alat dan pendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Tapi faktor utama dan penentu kemajuan sebuah perusahaan," papar dia.

Fokus bisnis SISI di antaranya Consultancy, Manage Service, Apps Development, Supplier perangkat teknologi informasi, hingga sistem ERP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya