Ukuran Asteroid Ini Raksasa, Bumi Terancam

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.
Sumber :
  • Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout

VIVA – Asteroid 3200 Phaethon merupakan salah satu benda luar angkasa yang menjadi pengancam Bumi, karena jaraknya yang semakin dekat dan ukurannya raksasa. 

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Dilansir Mirror, Senin, 1 Januari 2018, ilmuwan mengungkap kenyataan tentang 3200 Phaethon. Asteroid yang sebelumnya diperkirakan berdiameter tidak lebih dari 5 kilometer ini ternyata di luar dugaan.

Para ilmuwan Planetary Radar di Arecibo Observatory, Puerto Riko, mengungkapkan, melalui sebuah gambar radar yang mereka amati bahwa diamater 3200 Phaethon lebih besar 0,6 mil dari ukuran yang diperkirakan sebelumnya.

Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

Asteroid ini ternyata memiliki diameter 3,6 mil atau sekitar 5,8 kilometer. "Pengamatan baru Phaethon ini menunjukkan bahwa bentuknya mirip dengan Asteroid Bennu," kata Patrick Taylor, pemimpin grup Planetary Radar.

Mengenai jaraknya dengan Bumi, Taylor mengungkapkan, pada 17 Desember 2017, asteroid ini berada pada jarak 10,3 juta kilometer dari Bumi.

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Jarak tersebut merupakan jarak terdekat kedua bagi 3200 Phaethon ke Bumi sepanjang abad ini. Pada 2093 nanti, Taylor menambahkan, Asteroid 3200 Phaethon hanya akan berjarak 3 juta kilometer dari Bumi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Airlangga: Implementasi EUDR jelas akan melukai dan merugikan komoditas perkebunan dan kehutanan yang begitu penting buat kami seperti kakao, kopi, karet, produk kayu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024