Deretan Resolusi Tahun Baru Bos Facebook yang Inspiratif

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg
Sumber :
  • Reuters/Mariana Bazo

VIVA – Sukses menjadi bos Facebook di usia muda, Mark Zuckerberg ternyata memasang target yang berbeda tiap tahun. Bagi pria berdarah Yahudi itu, target adalah tantangan yang harus ia taklukkan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Meski belum ada kabar tentang apa target Mark di tahun 2018, berikut ini ada rangkuman resolusi yang Mark buat di tahun-tahun lalu. Sebagian mungkin terkesan sepele, tapi siapa tahu beberapa bisa menjadi inspirasi Anda. Apa saja itu? Berikut ini seperti dilansir laman Inc, Selasa, 2 Januari 2018.

2009 - Memakai dasi setiap hari

Viral, Mark Zuckerberg Ungkap Kepincut dengan Buku Tokoh Pemikir Islam Ini

Mark terkenal dengan t-shirt dan hoodie klasiknya. Namun, dia mengambil keputusan berbeda di tahun 2009.

Pada tahun itu, banyak pihak mengkhawatirkan Facebook akan gulung tikar, tapi Mark terus mengerahkan upaya untuk mengembangkannya dan lebih serius menggarap. Dalam sebuah posting Facebook, Mark menjelaskan, "Dasi saya adalah simbol penting dan saya memakainya setiap hari untuk menunjukkan (usaha saya).”

Mark Zuckerberg Introduces Search by Date Feature on WhatsApp

2010 - Belajar Bahasa Mandarin

Mark bersumpah akan belajar bahasa Mandarin pada tahun 2010. Motivasinya, tidak diragukan lagi, didorong oleh keinginannya untuk memperbaiki komunikasi dengan pacar saat itu, yang sekarang menjadi istri, keluarga Priscilla Chan. Hal itu juga kemungkinan dipacu oleh keinginan untuk mendapatkan pijakan di China, sebuah pasar yang menguntungkan bagi Facebook.

Mark berhasil menaklukkannya. Pada tahun 2013, dia mendapat pujian luas atas kemampuannya untuk melakukan sesi tanya jawab 30 menit di Universitas Tsinghua di Beijing.

2011 - Menjadi vegetarian

Pada tahun 2011, Mark memilih untuk menjadi vegetarian. Seperti yang dinyatakan di posting Facebook, Mark ingin mengungkapkan rasa syukur, saya ingin lebih terhubung dengan makanan yang saya makan dan membiarkan hewan menikmati hidupnya.

Resolusi yang menggabungkan rasa syukur bisa sangat memuaskan. Menurut penelitian, menggabungkan rasa syukur, melalui praktik diet atau lainnya, berdampak positif pada keadaan mental dan emosional kita.

2012 - Meningkatkan pemrograman

Pada tahun 2012, Mark bersumpah untuk meningkatkan keterampilan pemrogramannya. Sementara banyak orang menganggap Zuckerberg adalah anak ajaib, tidak demikian menurut thread Quora.

Semua pemimpin perusahaan teknologi harus memiliki kebiasaan memperbaiki keterampilan coding mereka. Pemimpin yang lebih berpengalaman dalam pemrograman, lebih mahir dalam berkomunikasi dengan insinyur dan menginformasikan pengembangan produk.

2013 - Bertemu orang baru

Pada 2013, Mark memutuskan untuk bertemu seseorang yang baru (di luar Facebook) setiap hari. Ini memberdayakan. Dengan bertemu orang baru, Mark ingin terpapar dengan berbagai perspektif. Dia mendapat apresiasi baru untuk nilai keragaman.

Ketika kita terpapar dengan beragam perspektif, kita tidak hanya memperluas basis pengetahuan kita, tapi juga memberi kita potensi untuk kreativitas dan inovasi.

2014 - Menuliskan ucapan terima kasih setiap hari

Pada tahun 2014, Mark memilih untuk berlatih welas asih dengan menulis sebuah ucapan terima kasih kepada seseorang setiap hari. Seperti yang dikutip oleh sampul depan Bloomberg BusinessWeek, Mark menjelaskan, "Ini penting bagi saya karena saya orang yang sangat kritis. Saya selalu suka melihat bagaimana saya menginginkan sesuatu menjadi lebih baik."

Resolusi yang menggabungkan tindakan kemurahan hati memiliki dampak yang jauh jangkauannya. Penelitian telah menemukan bahwa tindakan kemurahan hati dan kebaikan dapat menular dan memicu reaksi kebaikan yang berantai.

2015 - Membaca buku setiap minggu

Pada tahun 2015, Mark menantang dirinya sendiri dengan melakukan membaca buku baru setiap minggu. Dia memprioritaskan buku yang berkaitan dengan budaya, kepercayaan, sejarah, dan teknologi yang berbeda.

Manfaat membaca bermacam-macam. Menurut penelitian, tindakan membaca tidak hanya membantu kita memperoleh kosa kata yang lebih besar, namun juga meningkatkan kemampuan penalaran abstrak kita.

2016: Membangun sistem kecerdasan artifisial (AI)

Pada tahun 2016, Mark memilih untuk menjadi "Jarvis in Iron Man." Dia berkomitmen untuk membangun sistem Artificial Intelligence sederhana untuk menghidupkan rumahnya. Dalam sebuah posting Facebook, dia mengungkapkan, "Saya akan mulai dengan mengeksplorasi teknologi apa yang ada di luar sana. Kemudian saya akan mulai mengajarkannya untuk memahami suara saya untuk mengendalikan segala sesuatu di rumah kami - musik, lampu, suhu dan sebagainya."

Semua pemimpin harus berusaha untuk terus mengikuti perkembangan teknologi baru. Resolusi Mark memberdayakannya untuk menyusun strategi tentang cara dia dapat memanfaatkan teknologi baru untuk meningkatkan penawaran Facebook. Tak lama setelah Mark menaklukkan resolusi 2016, diumumkan bahwa Facebook merancang teknologi dengan kemampuan membaca pikiran.

2017 - Mengunjungi setiap negara bagian Amerika Serikat

Tahun lalu, Zuckerberg membuat komitmen untuk melakukan perjalanan ke sekitar 30 negara bagian AS, yang belum pernah dia kunjungi. Resolusi yang terkait dengan perjalanan cenderung memberi banyak pengalaman berharga. Menurut Transamerica Center, 86 persen orang percaya bahwa perjalanan dapat meningkatkan mood dan pandangan mereka terhadap kehidupan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya