Meltdown dan Spectre, Hantui Android serta Apple

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • REUTERS/Siegfried Modola

VIVA – Sepasang kerentanan di prosesor komputer akhirnya terkuak. Diketahui ada kerentanan yang sangat berbahaya di chip prosesor keluaran Intel, ARM dan AMD. 

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Kerentanan ini ditemukan pada ahli keamanan di Google. Bugs tersebut memiliki dampak negatif pada hardware CPU itu sendiri. Bahkan semua merek komputer berpotensi terinfeksi, baik yang mengoperasikan Windows maupun macOS, mulai dari perangkat milik Dell sampai Apple Macbook.

Bahayanya, kedua bugs di dalam prosesor komputer maupun smartphone ini bisa dengan mudah digunakan hacker untuk mencuri informasi pribadi yang ada di dalam smartphone tersebut, terutama password akun pengguna.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Dua bugs itu diberi nama Meltdown (menginfeksi perangkat berprosesor Intel Corp), dan Spectre (menginfeksi hampir semua chip computer merek apa saja, yang dibenamkan dalam 10 tahun terakhir). 

Salah satu peneliti keamanan dari Graz University of Technology, Daniel Gruss, yang bekerja untuk Google, memprediksi jika kedua bugs ini merupakan mimpi buruk bagi industri perangkat pemroses inti (CPU), terutama Android. 

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

"Ini merupakan bugs CPU terburuk yang pernah kami temukan," ujar Gruss.

Spectre diketahui memiliki penetrasi paling besar karena bugs itu mengeksploitasi prosesor buatan Intel, AMD dan ARM, yang banyak digunakan di smartphone maupun tablet. 

Dilansir Mirror.co.uk, dalam keterangan resmi Apple diketahui jika hampir semua perangkat Mac dan iOS produksi mereka terinfeksi kedua bug, baik Meltdown maupun Spectre. Namun tak lama setelah keterangan itu dipublikasikan, mereka mengonfirmasi kembali jika Mac, Apple TV, iPhone dan iPad sudah terproteksi dari serangan Meltdown. Bahkan tidak ada lagi istilah lemot dalam perangkat itu. Pun dengan Apple Watch yang diklaim tidak mengalami infeksi sama sekali.

Isu ini pun sempat membuat panik investor Intel yang berniat menjual semua saham mereka.

Jika anda menggunakan komputer dengan prosesor Intel yang diproduksi dalam kurun 10 tahun terakhir, bisa jadi risiko Anda terkena Meltdown dan Spectre. Semua chip Intel, dari yang termurah berupa Celeron dan Atom i7 rata-rata memiliki desain yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya