Gara-gara Satu YouTuber, Google Minta Maaf ke Warganet

Ilustrasi youtuber.
Sumber :
  • VIVA/Twitter

VIVA – Beberapa waktu lalu seorang YouTuber, Logan Paul mendapatkan sorotan akibat video yang diunggahnya memperlihatkan korban bunuh diri. Setelah Paul meminta maaf lewat video yang diunggahnya pada 2 Januari 2018, Google lewat akun Twitter YouTube menuliskan surat terbuka, Selasa 9 Januari 2018 sebagai tanggapan pertama kali sejak video tersebut tersebar dan viral. 

YouTuber Palestina, Oday Al Akhras Beri Klarifikasi Soal Istri yang Dilaporkan Polisi

Lewat serangkaian postingan, YouTube meminta maaf dan menjelaskan mengapa mereka begitu lama menanggapi kejadian tersebut. 

Tanpa menyebutkan nama Logan Paul dalam rangkaian postingan tersebut, YouTube memulai surat terbuka tersebut dengan memaklumi tindakan frustasi dari YouTuber serta warganet akibat dari lamanya tanggapan Google soal video tersebut. Perusahaan digital raksasa ini juga menambahkan, bunuh diri bukanlah candaan atau dan jelas tak tepat memaksa penonton untuk melihatnya. 

Profil Lengkap Tzuyang, Food Vlogger Terkenal Asal Korea Selatan

YouTube setuju dengan pendapat aktris Anna Akana yang mengatakan tubuh orang yang meninggal di video Logan Paul merupakan tubuh seseorang yang disayangi oleh orang lain. Paul ataupun orang lain tidak bisa masuk ke dalam tempat kejadian pembunuhan dengan kamera dan mengatakan bahwa perbuatannya sebagai aksi kesadaran kesehatan mental.

"Kami mengharapkan lebih kepada pembuat akun YouTube yang membangun komunitasnya di YouTube, yang kami yakin kalian (YouTuber) pun mengharapkan yang sama. Channel YouTube tersebut melanggar pedoman komunitas kami. Dan kami sedang melihat untuk konsekuensi selanjutnya," jelas akun @Youtube dikutip Kamis 11 Januari 2018.

Siap-siap! Mike Tyson Kembali Naik Ring, Siapa Lawannya?

Google berjanji kejadian yang sama tidak akan terulang lagi di kemudian hari. Sampai Rabu 10 Januari 2018, Channel YouTube milik Logan Paul masih tersedia walaupun video kontroversial tersebut sudah terhapus di sana. (ren)

Warga New York sembunyikan kalung salibnya saat diwawancara tentang Ramadhan

Pemuda Kristen Ini Sembunyikan Kalung Salib yang Dipakainya saat Ditanya tentang Ramadhan

Karim bertemu dengan 2 pemuda Kristen yang ternyata sedang mencoba ikut puasa Ramadhan. Salah satunya sedang menggunakan kalung Salib dan kemudian menyembunyikannya

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024