Awas Malware Mata-mata Intip WhatsApp, Ambil Foto dan Video

Logo aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Arivera

VIVA – Peneliti keamanan internet menemukan jenis baru malware mata-mata Android yang bakal menyadap komunikasi di WhatsApp. Malware mata-mata itu memakai ‘teknik yang belum pernah dideteksi sebelumnya’ dalam merekam aktivitas pengguna WhatsApp. 

Perbankan di Indonesia Harus Waspada Teror Coyote

Skygofree, malware jenis baru ini, ditemukan pertama kali oleh perusahaan antivirus Kapersky Lab belum lama ini. Peneliti Kaspersky Lab mengatakan malware ini telah dibangun sejak 2014. Peneliti mengendus Skygofree diproduksi oleh perusahaan teknologi informasi asal Italia, karena beberapa bukti termasuk perangkat yang terkena efek berada di Italia.

"Spygofree adalah spyware terkuat yang pernah kami lihat dalam platform ini," jelas tim peneliti dalam laporannya, seperti dilansir situs Daily Mail, Rabu 17 Januari 2018.

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Teknologi ini mampu memerintah jarak jauh, mengambil gambar atau video yang bisa memengaruhi perangkat, hingga merekam suara saat pengguna memasukkan lokasi yang spesifik.

Kaspersky mengatakan, Skygofree bisa memata-matai pesan menggunakan Accesibility Service, serta bisa menghubungkan antara perangkat yang terkena malware menggunakan WiFi yang dikontrol oleh pelaku.

Bajak Laut Menargetkan Dompet Aset Kripto

Masalah penyusupan pada aplikasi WhatsApp bukan kali ini saja. Sebelumnya, sebuah penelitian juga menemukan grup WhatsApp dapat dimasuki pengguna yang bukan admin dengan mudah. (one)

Ilustrasi kejahatan digital

Kenali dan Waspadai Kejahatan Digital yang Sering Terjadi

Dalam era digital yang semakin maju, kejahatan juga semakin berkembang, termasuk di dunia maya. Kejahatan digital dapat merugikan individu, perusahaan, dan bahkan negara.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024