Tips Kembalikan Data Hilang dari Perangkat iOS dan Android

Mengakses Google melalui smartphone.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Kadang ada kesalahan yang pengguna lakukan dengan dokumen pada smartphone atau perangkat mobile. Pengguna tak sengaja menghapus file atau data penting misalnya foto, pesan teks bahkan kontak dari perangkat mobile mereka.  

10 Game Sepakbola Offline

Kalau sudah terhapus, pengguna akan merasa menyesal karena data tersebut penting. Tapi tenang saja, sistem operasi mobile iOS dan Android punya fasilitas untuk mengembalikan data yang hilang. Berikut tipsnya dikutip dari Gadgetsnow, Kamis 22 Februari 2018:

Gambar

4 Sistem Operasi Ponsel Penantang Android dan iOS

Pada perangkat Android, untuk mengembalikan data gambar yang terhapus bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pengguna bisa mengunduh aplikasi pengembali data hilang di Play Store, di antaranya yang populer yakni DiskDigger dan Delete Photo Recovery. 

Jadi begitu pengguna ingin mengembalikan gambar yang terhapus itu, bisa memakai aplikasi pihak ketiga tersebut. Aplikasi nantinya akan memindai data atau file gambar yang terhapus. 

India Siap Bikin Sistem Operasi untuk Saingi Android dan iOS

ilustrasi pengguna smartphone

Urusan mengembalikan data gambar yang hilang pada platform iOS malah lebih mudah. Sistem operasi iOS terbaru punya fitur untuk mengamankan data hilang. iOS akan menciptakan folder Recently Deleted pada aplikasi foto di perangkat. 

Item yang dihapus akan tetap berada di folder tersebut selama 30 hari. Jadi pengguna bisa memanfaatkan betul masa tenggat tersebut, apakah akan tetap menghapus item gambar atau memulihkannya. 

Dalam hal, pengguna telah menghapus data gambar lebih dari 30 hari atau secara permanen, masih ada jalan. Pengguna iOS harus menggunakan iCloud atau iTunes untuk memulihkan data yang hilang. 

Kontak dan pesan teks

Pada perangkat Android, pengguna bisa menggunakan aplikasi Fone Paw Android Data Recovery dan Android Data Recovery untuk melacak dan memulihkan semua kontak, pesan teks dan foto yang hilang dari perangkat mobile mereka. Aplikasi tersebut berjalan pada semua perangkat Android dan tersedia gratis di Play Store. 

Tampilan iPhone X di Apple Visitor Center, California, AS

Nah, untuk pengguna iOS, Apple memahaminya tak perlu bergantung pada aplikasi pihak ketiga. Jadi dalam kehilangan kontak atau pesan teks, pengguna iOS cukup mengakses iTunes dan mengklik ponsel di pojok kanan atas. Selanjutnya klik 'Restore Backup'

Dengan melakukan hal itu, perangkat iOS pengguna akan memulihkan semua teks dan kontak yang telah di-backup pada iTunes. 

Cara alternatif lainnya, yakni menggunakan iCloud. Pengguna iOS masuk ke akun iCloud menggunakan Apple ID dan password. Selanjutnya klik ikon Text Messanges. Dengan melakukan langkah ini, pengguna iOS bisa memilih semua teks yang diinginkan di ponsel. 

Kemudian akses pengaturan iPhone dan aktifkan 'Text Messanges' serta klik 'Keep on my iPhone'. Selanjutnya aktifkan 'Text Messanges' kembali dan klik 'Merge' saat muncul di layar perangkat. Selesai sudah masalah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya