Cara Mudah Blokir Pesan Spam di iPhone dan Android

Ilustrasi penggunaan smartphone.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Skitterphoto

VIVA – Anda tentunya jengkel mendapatkan pesan spam penawaran layanan dan produk di perangkat mobile Anda. Pesan spam tak pandang korban, bisa mengganggu bagi iPhone atau Android. 

Knowing How to Recover a WhatsApp Account Reported as Spam

Mengabaikan saja nomor spam itu tentu tak menyelesaikan masalah. Sebab ada potensi nomor tersebut terus mengirim pesan spam kepada Anda dan terus mengganggu aktivitas pengguna. 

Ada beberapa cara untuk menghentikan pesan spam di smartphone Anda, salah satu langkah yang patut dicoba untuk memblokir adalah memastikan sistem operasi smartphone pengguna terbaharui. Sebab, dengan software yang update, pengguna bisa memblokir teks dan panggilan, yang dirasa mengganggu dengan lebih mudah.

WhatsApp Kena Spam Bisa Diatasi, namun Butuh Waktu
PUPR Targetkan 39 Proyek KPBU Senilai Rp 252 Triliun Dibangun di 2024

Berikut tips yang bisa dilakukan pengguna untuk memblokir pesan spam, dikutip dari Gadgetsnow, Rabu 28 Februari 2018:

Platform iOS

Untuk pengguna iOS, agar lebih mudah memblokir pesan spam yakni memastikan perangkat Anda menjalankan sistem operasi iOS 7 atau yang lebih baru. 

Selanjutnya coba ke aplikasi Message dan buka pesan spam yang masuk ke iPhone Anda.

Begitu pesan spam terbuka, ketuk ikon 'i' di bagian pojok kanan atas, tahap ini akan menampilkan detail kontak pengirim spam. 

Selanjutnya gulirkan layar ke bawah, dan klik tombol 'Block this caller', maka Anda sudah memblokir nomor spam tersebut. Setelah Anda memblokir nomor spam itu, Anda tidak akan menerima pesan atau panggilan maupun Facetime dari nomor pengganggu tersebut. Aman bukan? 

Ilustrasi Spam

Platform Android

Pada perangkat Android memang tak semudah seperti yang tersedia di platform mobile berbasis iOS. 

Kebanyakan smartphone Android tidak memungkinkan langsung memblokir kontak sesuai fitur bawaan di dalam perangkat. Jadi memang pengguna Android harus memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau yang lainnya. Aplikasi pemblokir spam yang bisa dicoba yaitu Truecaller.

Namun ada beberapa smartphone Android yang punya kemampuan memblokir langsung nomor spam dari fitur bawaan pada perangkat. Salah satu smartphone yang dimaksud yakni OnePlus. 

Nah untuk memblokir nomor spam ini, pengguna bisa mengakses ke aplikasi pesan, selanjutnya klik ke kontak. 

Selanjutnya lihatlah ikon tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas, ketuk dan pilihlah dan ketuk 'People and option'. Begitu mengetuk pilihan tersebut, pengguna Android akan mendapatkan opsi untuk memblokir kontak tertentu. 

Untuk mengecek daftar nomor atau kontak yang diblokir, cukup ketuk ikon titik tiga vertikal pada pojok kanan atas di opsi 'Blocked Contacts'. Maka akan muncul semua kontak yang telah diblokir.   (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya