Deretan Fitur Rahasia Smartphone Oppo, Sudah Coba Belum

Oppo F5.
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA – Smartphone umumnya hadir dengan beragam fitur yang mendukung kenyamanan pengguna. Fitur biasanya terlihat di bagian pengaturan atau layar perangkat. 

Desain TWS Ini Unik

Namun, ada beberapa fitur tersembunyi dan rahasia yang kadang luput dari pantauan pengguna. Karena bersifat rahasia, pengguna harus mengutak-atik fitur tersebut. Saluran YouTube dengan nama akun Technology Master, dikutip Jumat 2 Maret 2018, menunjukkan beberapa fitur rahasia yang ada pada smartphone Oppo: 

1. Atur menu secara berbeda

BMW Indonesia Hadirkan Sedan Listrik untuk Para Pebisnis

Menu memang menjadi halaman muka smartphone pengguna. Jika pengguna Oppo bosan dengan bawaan tampilan menu yang itu-itu saja, bisa mencoba fitur tersembunyi untuk mengatur menu. 

Cukup berikan gerakan cubitan di layar smartphone Oppo, maka akan muncul opsi untuk mengelola menu. Ada opsi Widget dan Effect. Untuk opsi Widget, memungkinkan pengguna bisa mengatur atau menambah Widget dari daftar aplikasi yang ada ke layar utama. 

Ingin Tahu Informasi Seputar Penerimaan Anggota Polri Tahun 2024, Catat Nomor Ini

Untuk opsi Effect ini akan memberikan ragam pilihan pengaturan efek Menu yang berbeda. Tinggal pilih sesuai selera saja. 

2. Motret ala mata-mata

Fitur ini sesuai namanya memang untuk kebutuhan yang rahasia, yakni memotret objek secara sembunyi. Pengguna memotret tapi tak menunjukkan sedang membidikkan kamera ke objek yang diinginkan. 

Untuk menggunakan fitur Rapid/Spy Picture Shooting ini, masuk ke Pengaturan, Klik Kamera. Selanjutnya pilih Rapid shooting function, aktifkan mode ini.

Dengan fitur ini, saat smartphone dalam keadaan standby, pengguna bisa memotret secara sembunyi-sembunyi dengan menekan bagian tengah tombol volume. Bisa juga tekan dua tombol volume. Cekrek, foto bisa didapatkan. 

3. Intip informasi dalam smartphone

Pengguna kadang susah menemukan informasi detail dari smartphone mereka. Padahal informasi itu penting. 

Nah untuk mengetahuinya, ketik *#*#4636#*#* dan klik Panggil, maka pengguna akan mendapatkan informasi ponsel, pengaturan jaringan, WIFi dan informasi baterai

Informasi ponsel akan menampilkan nomor IMEI, tes jaringan, pengaturan jaringan 2G/3G maupun 4G dan lainnya. Informasi baterai akan menampilkan teknologi, status, level sampai kondisi kesehatan baterai. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa mengetahui statistik penggunaan aplikasi di smartphone Oppo. 

4. Offline gesture

Fitur ini memudahkan pengguna dalam berbagai kebutuhan. Sebab cukup dengan mengandalkan gestur jari, pengguna bisa mengakses kamera dan lainnya secara cepat. 

Tuliskan gestur O di layar, maka pengguna telah mengakses kamera. Gestur V, maka lampu sorot akan menyala. Masih ada lagi tuliskan gestur dua jari geser ke bawah, maka pengguna akan terakses ke layanan musik. Untuk mematikan layanan musik, cukup lakukan hal yang sama yakni gestur dua jari di layar dan geser ke bawah. 

Gestur lain yang bisa dipakai yaitu tiga jari geser ke bawah secara bersamaan. Ini untuk membuat tangkapan layar. Fitur ini berguna saat pengguna ingin menangkap layar sebuah video.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya