Tiga Hal Sederhana Tanda Komputer Kena Virus

Ilustrasi komputer
Sumber :
  • www.pixabay.com/jonathansautter

VIVA – Pernahkah Anda sedang menggunakan komputer, lalu tiba-tiba perangkat Anda tidak berjalan dan bekerja dengan baik. Selain soal koneksi internet, menurunnya kinerja komputer bisa jadi karena serangan dari luar yang masuk ke dalam sistem komputer pengguna. Perangkat Anda kemungkinan terkena virus atau malware

Kenali dan Waspadai Kejahatan Digital yang Sering Terjadi

Memasang antivirus di komputer menjadi salah satu cara mengantisipasi datangnya malware. Dengan antivirus maka potensi maupun dampak terinfeksi virus atau malware, bisa diminimalisir. 

Namun perkembangan virus dan malware kini makin canggih dan beralih rupa menjadi kekuatan yang lebih kuat. Sehingga dampaknya malware atau virus bisa menerobos benteng antivirus.  

Perbankan di Indonesia Harus Waspada Teror Coyote

Berikut beberapa hal penting untuk mengidentifikasi perangkat komputer terinfeksi malware atau virus, dikutip dari Howstuffworks, Sabtu 3 Maret 2018: 

1. Komputer tidak stabil

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Sedang enak-enak dan nyaman mengetik maupun browsing di komputer, tiba-tiba perangkat menjadi tidak stabil kinerjanya. Hati-hati, itu bisa jadi beberapa malware telah mengacaukan file penting di komputer, jika dibiarkan mungkin saja menyebabkan komputer mengalami crash

Jika komputer crash saat pengguna mencoba menjalankan aplikasi tertentu, maupun sistem komputer memberitahu kepada pengguna bahwa data telah terdampak, ini artinya malware sudah berhasil mengacaukan komputer Anda.

Ilustrasi malware.

2. Komputer jadi lemot

Akses komputer yang melambat bisa jadi karena beberapa hal. Koneksi internet tak stabil atau jangan-jangan kena malware

Melambatnya komputer bisa jadi karena bekerjanya malware yang mulai menguras sumber daya pemprosesan komputer. Jika pengguna sedang tak menjalankan aplikasi yang berat tapi tiba-tiba komputer lemot, kemungkinan ada malware di dalamnya. 

3. Aplikasi dan file mogok

Sinyal yang menunjukkan komputer terinfeksi virus adalah perangkat dan aplikasi mogok. Seperti halnya, pembuluh darah, aplikasi atau file yang mogok kemungkinan karena file telah terinfeksi. 

Tanda lain yang bisa dilihat adalah ukuran file berubah fluktuatif, itu menandakan serangan virus komputer. Apalagi jika pengguna menemukan menu dan tampilannya yang aneh, kemungkinan Anda telah menjadi korban serangan malware.  (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya