Fitur Tersembunyi di Keyboard Laptop, Selain Copy Paste

Ilustrasi keyboard
Sumber :
  • www.pixabay.com/thephilippena

VIVA – Keyboard laptop kadang menyusahkan kita saat beberapa tombolnya tiba-tiba menghilang. Pengguna komputer pasti akan merasa ketergantungan dengan keyboard saat mengetikkan sesuatu di komputer. Lalu, apa jadinya jika beberapa tombol penting dalam keyboard laptop akhirnya hilang?

Alasan Susunan Huruf di Keyboard Tidak Sesuai Abjad Alias Acak

Cara terbaik memang mengganti keyboard dengan yang baru. Namun, bagaimana caranya mengganti keyboard laptop yang terintergrasi dengan layar, atau tidak ada spare part-nya di toko komputer? Selain mengganti copy paste dengan Ctrl+C dan Ctrl+V, ternyata ada beberapa hal tersembunyi di balik keyboard laptop ini.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda kuasai dulu beberapa trik yang bisa dilakukan untuk tidak lagi ketergantungan pada keyboard atau mouse laptop.

6 Cara Ampuh Membersihkan Keyboard Laptop, Komputer dan Tips Merawatnya

1. Tombol Enter hilang
Untuk mengganti tombol Enter yang hilang di keyboard laptop, agar kita bisa memindahkan kursor ke atas dan ke bawah, bisa menyiasatinya dengan menggunakan mouse. Namun, jika mouse tidak ada, kita bisa mengganti dengan beberapa tombol alternatif untuk Enter. Tekan bersamaan tombol CTRL dan M. 

2. Layar terbalik
Membalikkan tampilan layar laptop bisa dilakukan dengan mudah dan sekali pencet. Cukup menekan tombol Alt dan CTRL bersamaan dengan tombol panah ke atas, kanan, bawah, dan kiri.

Lakukan Cara Mudah Ini, Laptop Kamu Bisa Makin Awet

3. Berpindah aplikasi dengan cepat
Saat membuka banyak aplikasi di satu layar laptop, tidak jarang kita kesulitan untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Nah, sebenarnya Anda bisa berpindah-pindah aplikasi hanya dengan memainkan dua jari. Pencet tombol ALT dengan jempol dan saat bersamaan jari manis menyentuh tombol TAB. Jika ingin berpindah ke aplikasi lain, jangan lepas tombol ALT dan gerakkan jari Anda menyentuh tombol TAB.

4. Delete file tanpa konfirmasi
Are You Sure You Want to Delete these 7 Items? Notifikasi ini kerap muncul saat kita ingin menghapus sebuah file atau folders. Jika tidak ingin diganggu dengan notifikasi semacam ini, tekan saja tombol SHIFT dan DELETE. Anda langsung diarahkan untuk menghapus file secara permanen.

5. Kunci layar komputer
Mengunci layar komputer dengan cepat bisa dilakukan tanpa harus mengklik ikon Windows dan menyentuh menu lock. Bisa juga dengan mengklik CTRL + ALT + DEL lalu klik Lock Screen. Untuk lebih cepat lagi, hanya sekali klik tombol (logo) WINDOWS kemudian bersamaan tekan L.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya