Cara Bersihkan Layar Laptop yang Benar, Jangan Asal Cairan

Ilustrasi laptop.
Sumber :
  • www.pixabay.com/StockSnap

VIVA – Laptop menjadi barang yang sering digunakan, baik dalam aktivitas pekerjaan atau aktivitas sekolah dan kuliah. Namun satu hal sering terlupakan untuk membersihkan perangkat tersebut secara baik dan benar. Selain keyboard, bagian yang menjadi target bersih-bersih laptop adalah layar.

250 Laptop Baru akan Pakai Intel Core Generasi 12

Untuk membersihkan layar laptop, siapkan tiga alat yaitu kain, cairan pembersih laptop, dan alat untuk membersihkan debu. Tapi jangan asal ya.

Kain yang digunakan harus berbahan lembut dan sebaiknya jangan menggunakan tisu untuk membersihkan layar laptop. Dalam video All Tech Pride dikutip Senin 5 Maret 2018, tisu termasuk bahan kasar yang mampu menggores layar.

Mau Jadi SDM Berkualitas, Rajinlah Membaca

Untuk cairan pembersih laptop, disarankan untuk tidak menggunakan cairan yang memiliki kandungan alkohol atau amonia. Karena kedua kandungan tersebut mampu merusak layar laptop. 

Ilustrasi komputer

INFOGRAFIK: Kiat Mata Tetap Sehat Walau Rutin di Depan Laptop

Membersihkan layar bisa dimulai dengan menyemprotkan cairan pembersih pada kain, lalu bersihkan layar. Bersihkan secara perlahan dan tidak menekan layar serta lakukan pada arah yang sama agar kain menjangkau semua bagian layar. 

Sisi lain yang patut dibersihkan yakni bagian luar laptop. Tutup laptop, setelah itu semprotkan cairan pembersih pada bagian atas laptop dan usap bagian tersebut dengan kain. 

Jangan lupa untuk membersihkan debu pada bagian samping dan bawah laptop, karena bagian itu terbuka setiap waktunya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya