Trik Kirim Pesan WhatsApp AFK, Tak Pakai Jempol

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat sedang berkendara atau sibuk memasak di dapur, terkadang kita melewatkan perbincangan hangat yang terjadi di WhatsApp. Pengetikan menggunakan keyboard virtual membuat kita mengandalkan kedua tangan untuk berkirim pesan.

10 Fitur WhatsApp untuk Pemula

Padahal, membuat dan mengirim pesan tidak selalu harus menggunakan jempol menyentuh tombol huruf. Kecanggihan asisten virtual yang ada di ponsel memungkinkan kita AFK, istilah kids zaman now, Away From Keyboard.

Yang pertama harus kita lakukan adalah mengecek internet di dalam smartphone aktif atau tidak. Lalu, pastikan juga nama orang yang akan kita kirimkan pesan ada di daftar kontak.

Fitur Sepele WhatsApp yang Belum Banyak Orang Tahu

Kemudian, panggil asisten virtual yang ada di smartphone kamu. Jika kamu pengguna smartphone berbasis Android, panggil 'OK Google'. Jika pengguna iOS atau iPhone, panggil dengan 'Hey Siri'.

8 Fitur Rahasia WhatsApp, Kamu Wajib Tahu

Sudah dapat balasan dari Siri atau Google Assistant? Perintahkan pada asisten virtual kamu 'Send a WhatsApp to (sebutkan nama kontak). Asisten virtual akan membalas semua perintah kamu, tinggal balas saja apa yang dikatakannya sampai dia bilang, 'OK, it's sent'.

Perlu diingat, asisten virtual yang kita gunakan di smartphone rata-rata berbahasa Inggris, sehingga akan sedikit sulit untuk mengirimkan pesan teks dalam bahasa Indonesia. Jadi, sebisa mungkin akali bahasa pengiriman pesan kamu dengan bahasa Inggris yang simple dan mudah dicerna oleh asisten virtual itu.

VIVA baru mencoba trik ini menggunakan smartphone dengan asisten virtual di Android dan iOS. Jadi belum diketahui apakah asisten virtual Samsung (Bixby) memiliki fungsi seperti ini juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya