Tips Atasi Layar Sentuh Bermasalah Smartphone Xiaomi

Layar sentuh smartphone
Sumber :
  • www.pixabay.com/Pexels

VIVA – Ada beragam masalah yang terjadi pada smartphone. Salah satunya adalah problem pada layar sentuh. 

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Hal yang umum ditemui pengguna, layar sentuh tiba-tiba macet, jari mengetuk beberapa kali tetap tak bergerak. Masalah lainnya, kadang layar sentuh tiba-tiba bergerak sendiri. Nah, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, untuk menangani masalah pada layar sentuh tersebut. 

Dikutip dari Mi Community, Selasa 10 April 2018, penggemar smartphone Xiaomi, Jayanti Evi menuliskan, perlu dicek kondisi layar sentuh sebelum melakukan berbagai tindakan. Berikut hal yang bisa dilakukan:

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

1. Bersihkan layar smartphone

Langkah ini untuk memastikan, layar smartphone tidak terkena bahan yang mengganggu fungsi layar. Misalnya layar smartphone terkena minyak, kena makanan atau minuman sehingga kotor dan membuat layar tak berfungsi. 

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

2. Kalibrasi layar sentuh

Anda bisa melakukan langkah lainnya, saat layar sentuh bermasalah. Salah satunya mengakses aplikasi kalibrasi layar sentuh. 

Untuk mengalibrasi layar sentuh, ada beberapa yang memiliki tools-nya. Jika tidak ada, Anda bisa mengunduh apk-nya di Play Store. 

Ikuti petunjuk pada aplikasi kalibrasi. Dengan aplikasi kalibrasi ini, pengguna akan tahu di mana letak masalah pada layar sentuh. Aplikasi itu juga dimanfaatkan untuk mengecek sebagus apa layar sentuh smartphone milik pengguna. 

3. Gunakan layar pelindung atau anti gores

Layar sentuh bermasalah kadang karena terpapar berbagai benda. Untuk itu, tak ada salahnya untuk melindungi layar smartphone Anda dengan lapisan anti gores. 

Disarankan pilih anti gores yang bagus untuk memastikan perlindungan layar bisa maksimal. Bingung dengan pelindung layar sentuh yang bagus, disarankan pengguna pilih pelindung yang tampilannya jernih, sensitivitas terbaik, bahan kaca. Jangan lupa juga, pilih pelindung yang ada garansinya. 

4. Hindari hal-hal ini

Tentunya agar layar sentuh tidak bermasalah, pengguna perlu menjaga betul smartphone mereka. Hindarkan perangkat dari risiko jatuh, terguncang sangat keras, terpapar sinar matahari langsung menyengat dalam kurun waktu yang lama. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya