Cara Simpel Bikin Password Tak Mudah Dibobol

Ilustrasi password.
Sumber :
  • REUTERS/Pawel Kopczynski/Files

VIVA – Salah satu cara menghindari kejahatan siber adalah mengganti password sejumlah perangkat dan media sosial yang digunakan secara berkala dengan membuat password yang unik dan tidak pasaran.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Country Manager Symantec Indonesia, Andris Masengi, menyatakan, sebaiknya membuat password yang menggunakan kalimat panjang yang merupakan makna bagi pengguna tapi tak bermakna bagi orang lain.

Ilustrasi/Kejahatan siber

Pejabat Korsel, AS, dan Jepang Ngumpul di Washington, Bahas Ancaman Siber Korut

"Bagi saya password diganti dengan sebuah frase yang cukup panjang, tapi punya makna dan mudah diingat sama kita. Saya kasih contoh hari atau tanggal ulang tahun atau tempat kelahiran. Itu enggak ada makna buat orang lain," kata Andris di Jakarta, Jumat, 13 April 2018.

Namun, lanjut Andris, yang terpenting adalah jangan menggunakan password pendek yang mencantumkan identitas pribadi seperti nama. Untuk pergantian password, ia menyebut waktu tiga bulan sudah sangat baik untuk dilakukan.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

"Saran saya tetap melakukan penggantian tapi jangan pendek dan nama pribadi. Itu justru bahaya karena mudah dilacak orang lain," ungkapnya.

Tak hanya itu, Andris juga menyoroti penggunaan password sama untuk semua perangkat, di mana menurut dia, sebaiknya jangan dilakukan. Karena, kalau bobol maka kerugiannya akan lebih besar.

Ilustrasi komputer

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya