Ganti Password Twitter, Lakukan 3 Langkah Aman Ini

Ilustrasi password login.
Sumber :
  • Pixabay/TBIT

VIVA – Twitter mengungkapkan adanya kesalahan sistem yang menyebabkan password pengguna terbaca di komputer log internal mereka. Walaupun mengaku tak ada kebocoran atau penyalahgunaan password, media sosial berlogo burung itu meminta penggunanya untuk segera mengganti password mereka. 

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Dilansir The Verge, Jumat 4 Mei 2018, berikut ini tips untuk mengamankan password Twitter Anda: 

Ganti password

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Jika menggunakan website atau dekstop, untuk mengganti password Twitter tinggal klik foto profil di kanan atas dan pilih ‘Setting and Privacy’ lalu pilih ‘Password’. Jika menggunakan aplikasi mobile, klik foto profil di bagian kiri atas dan pilih ‘Setting and Privacy’. Lalu klik ‘Account’ dan klik ‘Change Password’. 

Sebaiknya ganti password dengan yang unik dan eksklusif untuk akun Twitter Anda. 

Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Kontroversi yang Rugikan Timnas Indonesia U-23

Two-Factor Authentification

Selain mengganti password, cara lain untuk memproteksi masuknya seseorang ke akun kita yaitu dengan mengaktifkan fitur Two-Factor Authentification.

Dengan mengaktifkan proteksi Two-Factor Authentification, tiap kali ada sebuah perangkat yang mencoba masuk ke akun Twitter pengguna, maka sistem akan mengirimkan kode kode verifikasi ke nomor telepon pengguna. 

Media sosial Twitter

Untuk login verfikasi dari web, dengan cara klik akun profil lalu klik ‘Settings and Privacy’. Selanjutnya llik ‘Account’ lalu klik ‘Set up login verification’. Sedangkan pada aplikasi, ada tambahan dengan mengklik ‘Security’ saat masuk pada ‘Settings and Privacy’. 

Saat sudah masuk, baca semua instruksinya, lalu klik ‘Start’. Masukkan password lalu klik ‘Verify’.

Setelah itu masukkan nomor ponsel dengan mengklik ‘Send Code’. Kode verifikasi dikirimkan pada nomor ponsel lalu terakhir klik ‘Submit’.

Aplikasi pihak ketiga

Selain Two-Factor Authentification, bisa digunakan pula aplikasi dari pihak ketiga untuk keamanan saat login. 

Caranya klik profil ikon, lalu klik ‘Setting and Privacy’. Pilih tab ‘Account’. Setelah itu klik ‘Review your login verification methods button’ untuk memulainya. Masukkan password dan klik ‘Confirm’.

Baca instruksinya lalu klik ‘Start’. Verifikasi password juga bila diminta.

 

Nantinya akan ada QR code untuk dipindai dengan aplikasi untuk mendapatkan kode login akun Twitter. Setelah, Anda akan melihat aplikasi secara otomatis mengeluarkan 6 digit kode. Kode akan berubah setiap 30 detik. Masukkan kode yang sedang aktif di kotak Security dan klik Done. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya