Terima Pesan Titik Hitam, Hati-hati iPhone Rusak

Pesan berbahaya muncul di iMessaging
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube

VIVA – Pesan brutal dan berbahaya kembali mengancam pengguna perangkat mobile. Setelah pesan brutal mengancam pengguna WhatsApp, kini giliran pesan yang mirip mengincar pengguna iPhone. 

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Pesan berbahaya itu menyasar ke iMessage. Pesan tersebut dikenal sebagai 'black spot of death' karena pesan ini muncul dalam emoji bundar hitam, atau dikenal pesan titik hitam. Pengguna diminta hati-hati sebab dampaknya fatal.

Pesan ini akan masuk ke iMessage dan menyebabkan masalah pada tiap perangkat yang menerima pesan berbahaya tersebut.

Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion

Dikutip dari Independent, Jumat 11 Mei 2018, pesan titik hitam terlihat sepele, namun sejatinya titik hitam itu berisi serangkaian karakter HTML yang tak bisa dikendalikan oleh perangkat yang menerima pesan tersebut. Dampaknya perangkat mobile rusak. 

Diduga celah keamanan (bug) titik hitam ini merupakan versi lain dari pesan brutal yang menyerang pengguna WhatsApp beberapa hari lalu. 

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Jika pengguna iPhone menerima pesan tersebut, disarankan untuk cepat menutup pesan dan kemudian perintahkan ke Siri untuk mengirimkan pesan titik hitam itu kembali ke pengirim. 

Dengan langkah itu, laman Independent menuliskan, pesan itu akan hilang dari pesan terbaru pada pengguna iPhone. Setelah itu, pengguna perlu menuju ke pesan dan hapus percakapan yang mengandung pesan titik hitam tersebut. 

Langkah menghilangkan pesan titik hitam memang berkonsekunesi, misalnya menghilangkah seluruh riwayat percakapan pengguna di iMessage. 

Pengguna disarankan untuk segera memperbaharui sistem operasi iOS mereka pada versi yang terbaru. (sar)

  
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya