Bahaya Ngecas Ponsel di Sembarang Tempat saat Mudik

Ilustrasi pengecasan ponsel
Sumber :
  • www.pixabay.com/HutchRock

VIVA – Kabel charger ternyata bisa menjadi jalan masuk para peretas ke dalam perangkat para korbannya. Perusahaan penyedia software keamanan, Eset mengungkapkan teknik peretas baru yang menggunakan kabel USB ini. 

Cepat Ganti Password Seperti Ini Sebelum Terlambat

Dalam keterangannya, Senin 11 Juni 2018, Eset mengungkapkan, peretas memanfaatkan kabel USB untuk mengakses data telepon atau untuk menyuntikkan kode berbahaya ke perangkat yang tersambung. Metode inilah yang dinamakan Juice Jacking. 

Memasuki momen mudik, kebutuhan akan pengisian daya baterai di tempat umum semakin tinggi dan makin tinggi juga kesempatan terkena Juice Jacking. Karena ini Eset menyiapkan 8 cara untuk pencegahan perangkat para pemudik, berikut detilnya:

Tips Mengatasi Baterai Ponsel yang Tak Bisa Diisi Penuh

Isi baterai bukan tempat umum

Eset mengklaim cara ini mampu menekan perangkat yang terpapar Juice Jacking. Sebaiknya sebelum bepergian, usahakan untuk mengisi daya baterai perangkat di rumah atau pun kantor saat sedang tidak aktif menggunakannya. 

Tips Perbaiki Ponsel Android yang Enggak Mau Ngecas

Membawa backup

Minimalkan pengisian di tempat umum. Pemudik disarankan membawa baterai cadangan eksternal atau power bank selama perjalanan mudik. 

Charger terhubung ke listrik

Juice Jacking masuk lewat kabel USB, jadi sebaiknya tidak mengisi ulang di tempat umum yang menyediakan hanya port USB saja. Sebaiknya gunakan charger atau kabel data milik pribadi yang langsung terhubung ke listrik saat pengecasan baterai. 

Software tambahan

Gunakan software untuk mengontrol pemakaian baterai smartphone tetap hemat. Eset mengakui cara ini memang tidak menjamin penghematan secara signifikan, namun bisa jadi pencegahan untuk sering mengisi daya baterai. 

Gunakan password dan kunci perangkat

Cara ini untuk menghindari pelaku pairing dengan ponsel. Namun juga pastikan, perangkat sudah terkunci saat pengecasan. Karena pairing bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik. Pairing juga tidak bisa dilakukan pada perangkat iOS yang tidak terkunci.

Hapus sistem kabel data

Sebaiknya memang hanya menggunakan satu fungsi dalam satu kabel USB. Hapus sistem transmisi data dalam kabel tersebut. Namun cara ini akan berefek kemampuan pengisian daya yang akan menjadi lebih lama dari biasanya. 

Lighter mobil

Menghindari mengisi daya di tempat umum, juga bisa dengan cara membeli perangkat cas untuk mengisi daya baterai pada lighter mobil. 

Anti virus

Selain mengaktifkan fitur keamanan dan menghindari mengisi baterai di tempat umum, pemudik sebaiknya juga membekali perangkat dengan antivirus. Eset menyarankan pengguna memakai anti virus super ringan agar tidak mempersulit kerja perangkat dan kelancaran aktivitas online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya