Keren, Ada Komputer Ukurannya Lebih Kecil dari Beras

Komputer yang ukurannya lebih kecil dari beras.
Sumber :
  • Engadget

VIVA – Sebuah komputer berukuran 0,04 milimiter berhasil diciptakan peneliti dari Universitas Michigan. Ukuran tersebut, bahkan lebih besar dari satu beras sekali pun, saat dibandingkan.

Robot Pengantar Surat dan Pekerjaan yang Hilang Digerus Teknologi

Menurut peneliti, komputer pengukur suhu ini ini sengaja dipersiapkan untuk memeriksa daerah yang kecil dan sulit dijangkau, seperti sekelompok sel di tubuh manusia. Diharapkan, komputer ini juga bisa membantu bidang kesehatan seperti perawatan penyakit kanker.

Seperti diketahui, tumor hingga kini dianggap lebih panas dari jaringan yang sehat, namun sulit untuk membuktikannya hingga sekarang. Nah, dengan perangkat ini diklaim bisa membuktikan itu. Demikian seperti dilansir Engadget, Senin, 25 Juni 2018.

China, Raja Super Komputer Dunia

Ukuran yang kecil membuat para peneliti mengurangi efek dari cahaya LED yang terkadang memicu arus di sirkuitnya. Mereka lantas memilih mengaktifkan kapasitornya dari dioda.

Masalah lainnya, mereka juga harus mengurangi peningkatan kebisingan listrik dari perangkat yang menggunakan sedikit daya.

Indonesia akan Buat Abu Sampah Jadi Chip Komputer dan Ponsel

Berdasarkan desain ARM Cortex-M0+, komputer mini ini memiliki prosesor penuh. Walaupun masih terdapat isu akan kehilangan semua data saat dayanya menghilang, penemuan ini menjadi harapan orang dan mendorong batasan yang ada dalam komputasi.

Mengikuti IBM yang juga memiliki komputer berukuran kecil, ini menjadi tanda bahwa komputasi yang ukurannya hampir tidak terlihat akan menjadi mungkin di masa depan.

HP Energizer.

Energizer Bikin HP Awet Baterai, Kuat Dua Hari Nonton Video

HP Energizer akan dipamerkan dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2019