4 Negara Pemilik Senjata Laser, Pembunuh Senyap yang Boros Energi

Senjata laser yang ditembakkan dari kapal perang AS.
Senjata laser yang ditembakkan dari kapal perang AS.
Sumber :
  • foxnews.com

VIVA – Dahulu, senjata laser hanyalah karangan fiktif belaka yang terdapat pada novel karya HG Wells pada 1897 berjudul The War of the Worlds.

Novel fiksi itu memperkenalkan tentara berteknologi tinggi yang menyerang Bumi menggunakan senjata laser yang mampu menembus baja. Senjata laser ini mampu menghancurkan kapal kecil, rudal, dan pesawat nirawak atau drone.

Namun, kini keberadaan senjata laser menjadi kenyataan. Laser diartikan sebagai berkas cahaya yang bergerak dengan kecepatan cahaya. Kecepatan cahaya laser mencapi 300 juta meter per detik, melaju pada kecepatan Mach 872,705.

Dalam jarak pendek, senjata laser dapat mengenai target dengan presisi tinggi. Artinya, memiliki akurasi yang sangat baik. Tidak seperti senjata pada umumnya, senjata laser tidak memerlukan amunisi yang mahal. Mereka hanya membutuhkan cukup daya.

Laser pertama kali diciptakan oleh Theodore Harold Maiman di Hughes Research Lab, Malibu, California, AS, pada 1960. Saat ini sudah ada empat negara yang mengembangkan senjata laser dengan kekuatan berbeda.

Siapakah keempat negara ini? Berikut ulasannya seperti dikutip VIVA dari berbagai sumber:

1. Turki

Halaman Selanjutnya
img_title