4 Cara Pengaturan Rute Ganjil Genap Jakarta di Google Maps

Ilustrasi Waze dan Google Maps.
Sumber :
  • MakeUseOf

VIVA – Pemanfaatan penggunaan fitur Ganjil Genap di Google Maps bisa digunakan para pengguna mobil di jalan arteri DKI Jakarta.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Apalagi pemerintah akan memperluas kebijakan ganjil genap itu selama perhelatan akbar Asian Games 2018 berlangsung pada 18 Agustus 2018. Berikut ini 4 cara menggunakan fitur Ganjil Genap di Google Maps:

1. Masukkan Lokasi Tujuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Sama seperti penggunaan biasanya, masukkan lokasi dan tujuan. Lalu, pilih menu Directions di bagian bawah.

2. Pilih Moda Transportasi

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Dalam Google Maps, ada beberapa pilihan moda transportasi. Dari mobil, motor, kendaraan umum, berjalan kaki, dan transportasi online.

Pilih mobil yang berada di bagian depan pilihan. Nanti akan terlihat rute mana saja yang bisa digunakan dengan berkendara mobil.

3. Masukkan Pengaturan Pelat Nomor

Ada dua cara mengatur pelat nomor. Pertama, di bagian bawah pilihan moda transportasi akan ada menu dengan tulisan 'Avoiding odd plate roads' atau 'Avoiding even plate roads'. 

Dua pilihan tulisan tadi akan muncul tergantung settingan yang dipilih. Jika di-klik, akan muncul pilihan apakah pengguna menggunakan plat ganjil atau genap.

Pada tanggal ganjil tapi menggunakan mobil pelat genap, Google Maps akan menunjukkan rute untuk menghindari jalan di mana aturan itu berlaku. Begitu juga sebaliknya.

Selain itu, pengaturan pelat nomor juga bisa dilihat pada setting atau ikon 3 titik di sebelah menu Your Location. Klik 'Route Option'.

Pilihan pelat nomor akan sama seperti saat meng-klik menu 'Avoiding odd plate roads' sebelumnya. Jika pelat sudah di-setting, selanjutnya, klik Start di bagian kanan bawah.

4. Pilihan Jalur

Pada tanggal ganjil tapi menggunakan pelat mobil ganjil, Maps akan menunjukkan dua rute sekaligus, yaitu melewati jalur arteri dengan peraturan ganjil genap ataupun tidak.

Di jalur ganjil genap, Maps akan menulis jalur itu sebagai rute yang hanya bisa digunakan pelat tertentu. Misalnya, pada tanggal ganjil, rute arteri akan menunjukkan 'odd only' dengan estimasi waktu perjalanan pada jalur tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya