4 Cara Pilih Drive Eksternal Ideal, Tak Usah Keluar Duit Banyak

hardisk eksternal / hard disk.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA – Drive eksternal atau penyimpanan di luar perangkat laptop maupun ponsel pintar (external hard drive) tentu sangat dibutuhkan untuk menyimpan foto serta media lain yang ada di perangkat.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Namun, pengguna justu banyak yang melakukan kesalahan dalam pemilihan drive eksternal. Dilansir melalui laman Digital Trends, Minggu, 29 Juli 2018, ada beberapa kriteria untuk menjadikan drive eksternal Anda terlihat sempurna.

Kapasitas penyimpanan

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Ruang penyimpanan menjadi salah satu spesifikasi yang penting. Gunakanlah ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan.

Jika menginginkan perangkat untuk mentransfer foto atau media lain secara cepat, atau hanya untuk memperluas kapasitas penyimpanan selain di laptop, maka Anda bisa menggunakan flash drive.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Penyimpanan flash drive paling besar mencapai 2 terabyte (TB) dan harganya juga diketahui sangat mahal. Disarankan untuk menggunakan flash drive dengan kapasitas 64 gigabyte (GB). Dengan ini Anda tidak perlu menghamburkan uang berlebihan.

Akan tetapi, kalau Anda ingin menggunakanya untuk menyimpan seluruh koleksi DVD, maka drive ukuran 1TB bisa menjadi solusi. Drive Seagate Backup Plus tersedia dalam ukuran 1TB-5TB.

Kecepatan transfer

Kecepatan transfer juga menjadi salah satu hal yang penting jika pengguna melakukan hal tersebut secara rutin. Bila berjalan lamban, hal itu bisa mengganggu aktivitas lainnya. Ada dua faktor utama yang berperan dalam kecepatan transfer, teknologi penyimpanan serta konektor yang digunakan.

Anda bisa memeriksa ulasan drive secara umum. Solid state drive (SSD) dapat memproses data lebih cepat daripada hard drive (HDD). Namun SSD diketahui mempunyai harga yang lebih mahal dengan penyimpanan kecil.

Jika Anda sangat memperhatikan keamanan, bisa memilih sistem keamanan input kode pin pada drive Apricon Aegis Padlock. Beberapa drive juga dirancang dengan casing kuat untuk mencegah gangguan fisik. Drive Ironkey dari Kingston memiliki lapisan keamanan sekunder. PCB drive mempunyai resin, membuat siapa pun tidak mudah untuk mengakses chip memori internal.

Fitur tambahan

Ada beberapa fitur tambahan yang harusnya bisa menambah kriteria drive ideal. Beberapa menawarkan konektivitas wifi untuk kemudahan pengguna dalam mengakses file. Bisa juga memilih produk yang mempunyai garansi terpanjang.

Kabel juga bisa menjadi salah satu fitur andalan. Bermanfaat bagi laptop atau ponsel yang memiliki USB-C atau Thunderbolt 3, atau drive yang hanya dilengkapi dengan kabel USB-A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya