Deretan Aplikasi yang Dipakai saat Bencana Alam, 2 dari Indonesia

Memantau kondisi cuaca dengan bantuan ponsel pintar (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Alvin Baez

VIVA – Sebagian besar masyarakat selalu membawa ponsel ke mana pun mereka pergi. Ponsel ternyata bisa sangat membantu saat terjadi sesuatu seperti bencana alam.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Berdasarkan data yang dikelola VIVA, Senin, 6 Agustus 2018, berikut empat aplikasi yang kerap digunakan untuk membantu ketika terjadi bencana alam, seperti kebakaran hutan sampai gempa bumi:

Life360

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Aplikasi asal Amerika Serikat ini memungkinkan keluarga menyiapkan jaringan pribadi. Dengan cara meng-klik satu tombol, mereka dapat saling memberitahu lokasi serta keamanannya.

Pengguna Android maupun iOS, seperti dikutip dari Inc., dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Setelah mengunduh pengguna akan diminta untuk membuat jaringan pribadi dengan keluarga.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Ketika masuk ke dalam pengaturan, pengguna hanya cukup menekan tombol 'Check-in'. Life360 juga secara otomatis akan melaporkan bahwa pengguna dalam keadaan baik-baik saja.

Mereka juga memiliki fitur 'Panic Alert'. Jika mengaktifkan fitur ini maka aplikasi akan menghubungi keluarga melalui teks, email, dan panggilan suara untuk memberi info lokasi terkini saat pengguna butuh bantuan.

BuddyGuard

Aplikasi keamanan personal ini murni buatan Indonesia. Tombol darurat yang menjadi salah satu fitur utama di aplikasi ini akan mengirim sinyal darurat kepada pengguna lain yang ada di sekitar.

Selain itu, aplikasi ini akan menghubungi pihak terkait secara instan. BuddyGuard memiliki empat fitur andalan, selain tombol darurat, yaitu FamilyGuard untuk memantau anggota keluarga dan CallGuard untuk mencari nomor telepon darurat maupun grup siskamling.

Selanjutnya, mengutip Tech In Asia, TourGuard untuk memantau rombongan, serta terakhir, fitur Find Me dan Set Meeting Point yang digunakan apabila sebuah keluarga yang saling berpencar dan ingin bertemu di satu lokasi.

Zello

Aplikasi yang diciptakan oleh Alexey Gavrilov pada 2011 ini memungkinkan pengguna untuk menggantikan ponsel sebagai walkie talkie. Namun, pengguna harus tetap terhubung dengan jaringan atau koneksi wifi.

Pengguna dapat langsung bergabung dengan saluran dan bisa mengirim pesan dan foto, serta aplikasi ini juga dapat berjalan walaupun hanya dengan jaringan 2G.

Pada area saluran yang sedang populer, pengguna langsung dapat melihat topik apa yang sedang mereka bahas pada waktu tertentu. Demikian seperti dikutip dari Business Insider.

Info BMKG

Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi ini milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Aplikasi Info BMKG dapat membantu masyarakat dalam memantau kondisi cuaca dan iklim.

Aplikasi ini juga menampilkan perkiraan cuaca di suau lokasi hingga tiga hari ke depan, demikian seperti dikutip dari http://apps.bmkg.go.id.

Info BMKG mampu memberikan peringatan terhadap bencana alam di Indonesia, khususnya gempa bumi yang cukup rawan terjadi. Info BMKG dapat diunduh melalui Play Store dan App Store secara gratis. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya