6 Fitur Google di Asian Games 2018, Ada Atung Jadi Penunjuk Jalan

Tiga maskot Asian Games 2018.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Google menyediakan sejumlah fitur untuk menyambut Asian Games 2018. Beberapa diantaranya terdiri dari highlight pertandingan hingga Google Maps Edisi Spesial Asian Games.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Kami merasa wajib supaya masyarakat Indonesia dan Asia bisa enjoy Asian Games," kata Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018. Berikut ini enam fitur yang dibuat Google Indonesia untuk edisi Asian Games.

Google Penelusuran

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Dalam mesin pencarian, pengguna Google dapat mencari mengenai Asian Games. "Live hari ini jadi info untuk Asian Games satu pencarian saja. Cukup ketik 'asian games' di search," kata Product Marketing Manager Google Search, Mira Sumanti.

Ia juga menyebut akan ada berita terbaru, perolehan medali, highlight video, dan juga hasil pertandingan semua cabang olahraga Asian Games dari Google Search.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Google Maps

Google Maps sendiri memiliki beberapa fitur untuk Asian Games 2018. Pertama, street view dan indoor maps bisa melihat ke beberapa venue dan juga tempat keramaian.

Selain itu ada pula rute yang dilewati untuk Pawai Obor serta pengaturan Ganjil Genap bagi pengendara kendaraan selama Asian Games berlangsung.

Maskot Atung juga disiapkan untuk Maps. Panah biru yang biasanya menjadi penunjuk jalan akan digantikan Atung yang sedang menaiki jetski.

Google Earth

Selain di Maps, Google Earth juga ikut menyambut sejumlah turis Asing. Di dalamnya ada tujuan-tujuan wisata yang bisa dikunjungi para warna negara asing yang berkunjung untuk menonton Asian Games.

"Pengunjung luar negeri pingin liat Indonesia, bisa cek di sini," kata Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana.

YouTube

Di YouTube terdapat beberapa video Asian Games. Platform berbagi video ini akan bekerjasama dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek sebagai official broadcaster menayangkan highlight pertandingan yang disajikan oleh Indosiar dan SCTV seperti sepakbola, voli, dan bulu tangkis.

Video tersebut juga akan tayang di kanal kedua stasiun TV dan INASGOC. Strategic Partnership Manager YouTube Indonesia, Geri Azriel Siddik, mengungkapkan bahwa YouTube juga akan menayangkan live streaming acara pembukaan dan penutupan Asian Games.

Google Translate

Product Marketing Manager Google Search, Mira Sumanti, memperkirakan akan banyak turis yang datang ke Indonesia. Para pengguna Google Translate juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi.

Ada fitur khusus bernama Conversation Translator yang membuat percakapan lebih praktis. "Google translate 103 bahasa. Hampir semua bahasa peserta Asian Games kami cover," jelasnya.

Google Play

Layanan unduh aplikasi ini menyediakan semua hal berhubungan Asian Games. Mulai dari aplikasi resmi tentang acara olahraga tersebut. Mereka juga akan menempatkan sejumlah aplikasi games yang sesuai dengan olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya