7 Teknologi Jadul yang 'Bangkit dari Kubur', Nomor 4 gara-gara Hacker

Ilustrasi kamera Polaroid.
Sumber :
  • www.pixabay.com/FlanellKamerasFilm

VIVA – Teknologi terus berganti, namun ada pula yang akhirnya kembali lagi di zaman sekarang. Sebut saja feature phone, telepon genggam yang hanya bisa menerima telepon dan pesan singkat atau SMS.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Penasaran, berikut ini 7 teknologi jadul yang 'bangkit dari kubur', seperti dilansir dari Sky News, Senin, 20 Agustus 2018.

1. Vinyl

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Vinyl juga menjadi satu dari 10 pembelian musik secara fisik. Kembalinya vinyl melahirkan Record Store Day yang mempromosikan retail musik lokal serta independen lewat edisi spesial dari album populer. Tahun lalu terjadi kenaikan lebih dari 10 persen di Inggris.

2. Kaset

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Nama-nama seperti Justin Bieber, The Weeknd dan Eminem, berhasil menjual hasil karyanya lewat kaset. Seperti Vinyl, kaset juga membuat comeback ke dunia musik.

Salah satunya kemungkinan comeback-nya, karena karakter Star Lord dalam Guardian of the Galaxy diperankan oleh Chris Pratt, di mana selalu terlihat mendengarkan lagu era 1980-an lewat Walkman.

3. Kamera Polaroid

Kamera cetak foto instan ini juga mengalami kebangkitannya sejak beberapa tahun lalu. Namun, sejalan dengan perkembangan zaman, Polaroid mampu menyimpan versi digital serta cetakan fisik dapat memiliki filter juga.

4. Mesin Fax

Adanya kekhawatiran mengenai peretasan atau hacker di dunia maya, serta bagaimana email bisa dikompromikan telah mendorong kembalinya mesin faks ke ruang kantor.

Tak disangka, rumah produksi Sony juga ikut membawa kembali mesin faks. Hal ini terjadi setelah adanya peretasan email pada 2014 yang membongkar informasi tentang film selanjutnya James Bond dan Spiderman.

5. Mesin Tik

Aktor Hollywood, Tom Hanks, menyatakan bahwa merasa nyaman memiliki mesin tik. Dia sendiri terkenal mengoleksi ratusan alat ketik zaman dahulu. Kemungkinan mesin tik kembali karena merasa lebih aman daripada penggunaan komputer, seperti alasan munculnya kembali mesin faks.

6. Retro Game Console

Dalam dua tahun terakhir, Nintendo Entertainment System, pada 1983 dan Super Nintendo pada 1990, telah dirilis kembali dan menjual lebih dari 6,3 juta unit produk gabungan mereka. Keduanya juga memuat beberapa 2D games, termasuk Super Mario Bros yang pertama.

7. Ponsel Klasik

Beberapa ponsel zaman dahulu diproduksi kembali, dan cukup membuat beberapa konsumen mau membeli hanya untuk bernostalgia. Telelpon genggam ini memiliki fitur yang sama dengan sebelumnya, tanpa aplikasi atau konektivitas 3G. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya