Siap-siap, WhatsApp Tak Dilindungi Lagi

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Belum lama ini kita diperingatkan untuk melakukan back up data WhatsApp sebelum 12 November. Jika tidak, isi pesan-pesan kita di aplikasi obrolan itu akan terhapus.

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Facebook, sebagai perusahaan yang menaungi WhatsApp, bermitra dengan Google untuk memberikan ruang penyimpanan bagi pesan-pesan dari pengguna ke Google Drive.

Sekilas, penawaran itu sepertinya cukup solutif, sehingga pengguna WhatsApp tak perlu resah akan kehilangan konten-kontennya yang selama ini tersimpan di aplikasi.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Tapi di luar itu, ada hal yang perlu diketahui bahkan Anda waspadai. Jika sebelumnya isi obrolan di WhatsApp dilindungi oleh fitur enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption), tidak demikian dengan di Google Drive.

Dengan kata lain, seperti dikutip dari laman BGR, perlindungan privasi berupa enkripsi dari ujung ke ujung yang selama ini kita nikmati dari WhatsApp, tidak akan diperluas saat isi pesan kita sudah berada di Google Drive.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Nah, kini setelah gembar-gembor pengumuman supaya mem-back up pesan dari WhatsApp ke Google Drive sebelum 12 November, kemungkinan banyak orang (barangkali termasuk Anda juga) akan beramai-ramai memanfaatkan penawaran itu.

Sebenarnya tidak masalah, selama Anda tidak keberatan data di Google Drive tidak dienkripsi. Tapi perlu diingat bahwa Google akan memiliki kemampuan untuk mengakses data tersebut.

Jadi, jika Anda sangat menghargai privasi dan keamanan, sebaiknya mulai mempertimbangkan sarana back up lain, misalnya menyimpan konten WhatsApp secara lokal. Pada hard disk drive, mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya