Bukan Cuma Artis, Kamu Pun Bisa Dapat 'Centang Biru' dari Instagram

Ilustrasi Instagram.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Tumisu

VIVA – Kita tahu selama ini Instagram memiliki fitur centang biru di sebelah nama akun untuk menunjukkan bahwa pemilik akun telah diverifikasi.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Centang biru itu biasanya diberikan kepada selebriti, merek, maupun korporasi yang telah mendaftar pada pihak Instagram, dan terdapat aturan bahwa harus memiliki jumlah follower ribuan.

Hal ini tak jarang menimbulkan kecemburuan pada beberapa kalangan yang tidak lolos uji verifikasi 'centang biru'.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Tapi ada kabar gembira, seperti dirilis di laman blog Instagram, 28 Agustus 2018, mekanisme penerbitan centang biru itu kini telah berubah. Siapa pun bisa memilikinya.

Pengumuman yang ditandai nama Co-Founder & CTO Instagram, Mike Krieger, itu menyatakan bahwa sekarang akan ada cara yang lebih mudah untuk meminta verifikasi, di mana akun pengguna akan ditinjau untuk melihat apakah memenuhi pedoman penggunaan Instagram. Misalnya, akun pengguna tidak berisi profil palsu.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Intinya, jika Anda memiliki alasan yang sah untuk diverifikasi, ini seharusnya tidak akan menjadi masalah untuk memperoleh lencana centang biru itu.

Pengumuman proses verifikasi adalah bagian dari cara baru Instagram menjaga platform-nya tetap aman dari scammers dan profil palsu.

Selain fitur verifikasi, Instagram juga mengumumkan bahwa pengguna dapat menemukan lebih banyak informasi tentang profil, seperti tanggal kapan mulai bergabung, tempat akun berada, dan sebagainya. Juga akan ada dukungan untuk otentikasi dua faktor melalui aplikasi pihak ketiga.

Untuk memperoleh verifikasi itu bukan sulit. Begini caranya:

1. Buka profil Anda. Ketuk ikon menu, pilih pengaturan di bagian bawah dan kemudian pilih permintaan verifikasi.

2. Anda harus mengisi formulir yang meminta informasi nama pengguna akun, dan beberapa poin identitas lainnya. Informasi ini tidak akan dibagikan secara publik.

Namun, yang perlu diingat, ketika Anda sudah mengajukan permintaan untuk verifikasi, itu tidak menjamin bahwa akun akan diverifikasi.

Instagram akan meninjau permintaan terlebih dahulu. Lolos atau ditolak, nanti Anda akan menerima pemberitahuan. Kunjungi Pusat Bantuan Instagram untuk mempelajari lebih lanjut tentang kriteria verifikasi Instagram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya