Daftar Ponsel yang Sudah Enggak Bisa Akses WhatsApp

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk iPhone versi lama. Sebab, versi terbaru dari WhatsApp sekarang membutuhkan sistem operasi iOS 8 atau yang lebih baru pada perangkat milik Apple.

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 8 Series Meluncur Besok, Ini Bocorannya

Artinya, aplikasi yang 'tidak lagi kompatibel' dengan ponsel pintar otomatis akan tidak berfungsi lagi. Terlebih, aplikasi milik Facebook ini merupakan yang terpopuler di dunia dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna.

Asal tahu saja, WhatsApp memulai layanannya pada 2009. Saat itu, sekitar 70 persen perangkat pengguna WhatsApp menjalankan sistem operasi bikinan BlackBerry dan Nokia.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Hanya sekitar 25 persen perangkat berbasis Android, Windows Phone, dan iOS yang menjalankan layanan tersebut. Mengutip situs Metro, Jumat, 21 September 2018, berikut daftar ponsel yang sudah tidak bisa lagi mengakses WhatsApp.

BlackBerry

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Merek BlackBerry 10 dan BlackBerry OS7 Plus sudah tidak bisa menggunakan WhatsApp sejak 31 Desember 2017. Sebelumnya, WhatsApp akan menghentikan dukungannya ke BlackBerry pada akhir 2016.

Namun, kemudian diperpanjang lagi hingga Juni 2017, sampai akhirnya benar-benar tidak bisa mengakses WhatsApp pada akhir tahun lalu.

Nokia

Seri 40, sering disingkat sebagai S40, adalah platform perangkat lunak dan aplikasi antarmuka pengguna (user interface/UI) perangkat lunak pada berbagai feature phone tingkat menengah milik Nokia.

Di eranya, S40 merupakan salah satu platform ponsel paling banyak digunakan di dunia. Bahkan, Nokia sampai mengumumkan pada 25 Januari 2012 bahwa mereka telah menjual lebih dari 1,5 miliar perangkat Series 40.

Namun harus diingat, Nokia S40 bukanlah smartphone, melainkan ponsel fitur. Meski begitu, Nokia S40 bisa mengakses WhatsApp, Instagram, Facebook dan Twitter.

Akan tetapi, mulai 31 Desember 2018, pengguna Nokia S40 ini resmi tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun tidak halnya dengan Nokia Symbian S60. Perangkat ini sudah tidak bisa akses WhatsApp lebih awal, tepatnya Juni 2017.

iPhone

WhatsApp tampaknya tidak lagi tersedia untuk orang yang menggunakan perangkat iPhone Seri 4 dan Seri 5 milik Apple tersebut, karena mereka mengakhiri dukungan untuk iOS versi 7.

Apple iPhone Seri 4 rilis pada 2010 dan Apple berhenti memproduksi dan menjual perangkat ini pada 2013. Versi terakhir dari iOS yang masih bisa akses WhatsApp adalah 7.1.2. Adapun, untuk iPhone Seri 5 kalau sudah update iOS minimal ke versi 7.1.2.

Kendati demikian, Whatsapp berencana untuk menghentikan dukungan untuk semua iPhone yang menjalankan iOS 7, maupun perangkat Android 2.3.7, pada 1 Februari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya