5 Langkah Keamanan di iOS 12 yang Harus Kamu Tahu, Begini Caranya

iOS 12.
Sumber :
  • Instagram/@sandcape2017

VIVA – Sistem operasi mobile terbaru Apple untuk iPhone dan iPad, iOS 12, akhirnya dirilis. Fitur keamanan memegang peranan sangat penting, untuk mencegah aksi jahil para peretas atau hacker yang tidak bertanggung jawab.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Inilah yang harus kamu lakukan untuk memanfaatkan fitur keamanan di iOS 12, yang diklaim telah ditingkatkan kemampuannya, seperti yang dikutip dari TechCrunch, Minggu, 23 September 2018.

1. Aktifkan Mode Terbatas pada USB

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Fitur baru yang sulit ditemukan ini mencegah aksesori apapun menyambung ke perangkat, seperti kabel USB dan headphone, saat iPhone atau iPad telah dikunci selama lebih dari satu jam.

Cara ini juga bisa mencegah polisi dan peretas atau hacker menggunakan perangkat untuk melewati kode sandi kunci layar.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Caranya adalah buka Pengaturan, lalu klik ID dan Passcode dan ketik kode sandi Anda. Kemudian, gulir ke bawah dan pastikan Aksesoris USB tidak diizinkan di layar kunci, jadi pastikan pengaturannya mati. Khusus iPhone X, periksa pengaturan Face ID.

2. Pastikan Pembaruan iOS Hidup

Setiap kali iPhone atau iPad Anda diperbarui, iOS hadir dengan banyak opsi keamanan untuk mencegah crash atau pencurian data. iOS 12 akan memperbarui perangkat di belakang layar jika Anda mengaktifkan pembaruan secara otomatis. Buka Pengaturan, klik Umum, lalu Pembaruan Perangkat Lunak dan aktifkan Pembaruan Otomatis.

3. Atur Kode Sandi Perangkat

iOS menjadi lebih baik dalam beberapa tahun terakhir dengan kode sandi. Kini pengguna dapat menetapkan kode angka dengan delapan digit, 12 bahkan lebih. Buka Pengaturan, lalu klik ID dan Kode Sandi, serta masukkan Kode Sandi. Kemudian, sentuh Ubah Kata Sandi melalui Opsi, lalu Atur Kode Numerik Kustom.

4. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Dua faktor adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga akun pengguna tetap aman. Jika seseorang mencuri kata sandi, mereka masih membutuhkan smartphone untuk masuk ke akun pengguna atau user.

Anda mungkin diminta untuk mengaktifkan dua faktor ketika mengatur perangkat. Pengguna dapat klik langsung ke Pengaturan lalu Ketik Nama Anda, kemudian lanjut ke Kata Sandi dan Keamanan. Cukup aktifkan autentikasi dua faktor dan ikuti petunjuk.

5. Jangan Pakai Sandi yang Sama

Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs, maka akan mendapat peringatan dan akan menyarankan pengguna untuk mengubah kata sandi tersebut. Pengguna yang mengunakan sandi sama, akan semakin memudahkan hacker.

Caranya, buka Pengaturan, lalu Sandi dan Akun. Klik Sandi Situs Web dan Aplikasi, lalu masukkan Kode Sandi Anda. Pengguna akan melihat simbol peringatan kecil pada setiap akun yang mengenali kata sandi yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya