5 Tips Pakai Twitter saat Bencana Alam dan Kondisi Darurat

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memantau cuaca
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Khairizal Maris

VIVA – Umumnya informasi bencana alam cepat menyebar ke pengguna melalui Twitter. Platform ini dinilai menjadi media terbaik untuk mengetahui apa yang sedang terjadi secara real time

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Penelitian menunjukkan, Twitter dan platform media sosial lainnya dapat membantu melacak bencana alam secara real time serta memberikan informasi bagi para petugas terkait terkait area mana yang perlu diprioritaskan dalam penerimaan bantuan.

Namun dengan derasnya informasi yang muncul di lini masa Twitter, pengguna sebaiknya harus saksama dan teliti dengan informasi yang muncul. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Berikut ini lima tips memanfaatkan Twitter dalam kondisi darurat dan bencana alam dikutip dari blog Twitter, Kamis, 27 September 2018: 

Ikuti sumber terpercaya 

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Nah ini penting bagi kamu. Untuk bisa mendapatkan informasi terkini tentang bencana alam, sebaiknya kamu mengikuti akun dari lembaga resmi dan terpercaya, untuk mendapatkan kabar terbaru. 

Akun tersebut bisa lembaga pemerintah sampai lembaga yang memang sudah dikenal fokus dalam penanganan bencana alam. Rata-rata akun tersebut sudah terverifikasi oleh Twitter. Jangan lupa, hindari berbagi informasi yang tidak bisa kamu verifikasi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei

Pakailah tagar dengan tepat

Sudah banyak diketahui tanda pagar atau tagar memiliki kekuatan untuk lebih cepat merangkum dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

Kini sudah jamak tiap kejadian disertakan dengan tagar pada postingan di Twitter. Tagar juga digunakan oleh media, lembaga pemerintah, dan organisasi bantuan atau relawan. 

Ingat ya, jangan menggunakan tagar untuk topik yang tidak terkait dengan situasi krisis atau bencana yang sedang terjadi.

Gunakan Twitter Lite

Ini nih yang kadang sudah dalam kondisi darurat dan bencana. Biasanya jaringan telekomunikasi ikut terdampak. 

Pada kondisi tersebut atau saat kamu berada di area mana telekomunikasi terbatas, Twitter Lite menjadi platform ideal untuk berkomunikasi dan mengetahui informasi terkini tentang keadaan-keadaan darurat. 

Twitter Lite adalah cara yang lebih cepat, ramah data, dan lebih mudah diakses untuk mengikuti informasi terkini, atau memposting pembaruan di Twitter secara langsung tentang situasi darurat di lapangan. Setelah dimuat, informasi di Twitter Lite juga dapat diakses secara offline

Twitter Lite bisa diunduh di Google Play Store untuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan di browser web untuk semua negara lain.

Bingung minta atau kirim bantuan

Kadang kamu tergerak untuk membantu penanganan dan korban bencana alam tapi bingung bagaimana mengaksesnya. Atau kamu bingung untuk meminta bantuan dalam kondisi darurat.

Jangan gusar, dengan Twitter kamu bisa langsung terhubung dengan lembaga penanganan bencana alam. 

Cukup posting saja di Twitter, dan mention atau tandai akun lembaga pemerintah, organisasi bantuan atau relawan pada postingan kamu. Setidaknya postingan itu akan teramplifikasi dan diketahui oleh pihak tertentu yang bisa membantu. 

Pakai Twitter Moments

Twitter Moments adalah kumpulan Tweet yang sudah dikurasi terkait topik tertentu yang terjadi di Twitter. Twitter Moments membantu menampilkan topik terkini yang populer dan relevan, sehingga Anda dapat menemukan apa yang sedang berlangsung di Twitter dengan cepat. 

Ada baiknya Twitter Moments dibuat secara kronologis dengan mengikutsertakan Tweet yang relevan, yang nantinya dapat berfungsi sebagai referensi. 

Segera perbarui Twitter Moments dengan Tweet terbaru dan informasi penting saat terjadi perubahan terkait isu atau topik yang sedang terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya