Tips Tempatkan Router agar Sinyal Kuat, Jangan Lupa Nomor 3

Router
Sumber :
  • www.cnet.com/Taylor Martin

VIVA – Ternyata membeli router dengan paket tercepat tidak terjamin akan mendapatkan kecepatan yang sama. Ada hal lain yang harus diperhatikan agar mendapatkan pengalaman berinternet sesuai dengan uang yang dikeluarkan. 

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Berikut ini tips untuk mendapatkan sinyal kuat, seperti dilansir laman Cnet, Jumat 28 September 2018.  

Pilih router 

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Semua harus dimulai dengan memilih router yang tepat. Salah satu yang harus diperhatikan adalah sesuaikan dengan ukuran ruangannya. 

Pada rumah dengan ukuran di bawah 139 meter persegi, satu titik akses nirkabel sudah cukup. Jika mau dinaikkan bisa dengan model yang mendukung wireless 802.11ac dan dual band support

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Jika digunakan pada rumah yang lebih besar dan multilevel, bisa tingkatkan ke jaringan mesh. Ini untuk cakupan yang konsisten di seluruh bangunan. 

Jaringan mesh merupakan salah satu jenis jaringan yang mana setiap node di jaringan tidak hanya menerima atau mengirim data miliknya, tapi juga berfungsi sebagai relay untuk node yang lain. Dengan kata lain, setiap node bekerja sama untuk membangun dan mengirimkan data di jaringan

Posisi letak router

Pada awalnya teknisi akan meletakkan router pada salah satu bagian jauh dinding rumah. Karena di sanalah line masuk ke rumah. Salah satu lokasi terbaik adalah bagian tengah ruangan. 

Perlu diingat juga bahwa router menyebarkan sinyal ke bawah. Jadi letakkan setinggi mungkin, seperti bagian atas rak buku. 

Ilustrasi router

Hindari alat elektronik lain

Letakkan router jauh dari barang elektronik atau benda logam besar lain. Semakin banyaknya penghalang, sinyal akan semakin terganggu.

Salah satu yang harus dihindari adalah microwave. Benda itu memancarkan sinyal 2,4 GHz band, yaitu wireless band yang sama dengan router. 

Atur antena router

Memang ada router yang tidak menggunakan antena. Namun, ada beberapa yang memilikinya hingga delapan. 

Antena tersebut membantu menghantarkan sinyal. Sebaiknya jangan arahkan ke posisi yang sama. 

Buat antena tegak lurus dengan yang lain. Bisa secara horizontal dan lainnya vertikal, bisa juga dengan mengatur posisi semua antena untuk mencakup bagian yang lebih luas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya