Daftar Satelit Indonesia yang Sukses Diorbitkan Arianespace

Peluncuran BRI Satelit Mengorbit Untuk Melayani Negeri (Sumber: Arianespace, ESA & CNES).
Sumber :

VIVA – Penyedia jasa peluncuran satelit, Arianespace, telah mengirim 82 satelit untuk 17 operator dari 10 negara di kawasan Asia Pasifik. Sejak 1996 sampai 2017, terdapat enam satelit yang sudah diluncurkan untuk kepentingan operator telekomunikasi di Indonesia.

Luar Angkasa Semakin Ramai

Managing Director and Head of Sales Arianespace for Singapore and ASEAN Office, Vivian Quenet, di Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018, membeberkan keseluruhan satelit yang sudah diorbitkan untuk kepentingan operator telekomunikasi di Tanah Air.

Satu Satelit PT Satelit Palapa Indonesia, Spacecom Ltd

Nama Satelit Palapa Jadi Trending Twitter, Ini Sebabnya

Sebuah satelit geostasioner, Spacecom, milik PT Satelit Palapa Indonesia mengudara pada 16 Mei 1996. Satelit ini memberikan layanan komunikasi suara dan visual yang menjangkau hingga Iran, Vladivostok di Rusia, Australia dan Selandia baru. Satelit ini dibangun oleh Boeing asal Amerika Serikat.

Satu Satelit Media Citra Indovision

Roket Ariane 6 Akan Diluncurkan, Ini Keunggulannya

Ini merupakan satelit pertama Indonesia yang mengirim platform televisi satelit langsung ke rumah (DTH). Arianespace mengorbitkannya pada 12 November 1997 yang dibangun oleh Orbital Sciences Corporation.

Tiga Satelit PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Telkom-1 mengorbit pada 12 Agustus 1999 yang dibangun oleh Lockheed Martin, AS. Selanjutnya, Telkom-2 yang digunakan untuk memperluas cakupan komunikasi di kawasan ASEAN dan anak Benua India yang mengorbit pada 16 November 2005.

Terakhir, Telkom-3S yang memberi manfaat bagi layanan penyiaran high-definition television (HDTV), komunikasi seluler, dan aplikasi internet. Area cakupannya Indonesia, Asia Tenggara, dan sebagian Malaysia ini mulai mengorbit pada 14 Februari 2017.

Satu Satelit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Arianespace diorbitkan pada 17 Juni 2016 yang dibangun oleh SSL. Ini merupakan satelit pertama yang didedikasikan untuk lembaga keuangan, tepatnya perbankan.

Bank BRI merupakan salah satu bank pelat merah terbesar di Indonesia. Dengan adanya satelit ini diharapkan dapat memberi layanan yang cepat, mudah dan aman, serta menyediakan solusi bisnis yang lebih lengkap dan inovatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya