WhatsApp Siapkan Fitur Paling Ditunggu, Bisa Sensor Wajah

Ilustrasi WhatsApp
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – WhatsApp tak berhenti mengembangkan platformnya dengan fitur-fitur baru. Sejumlah fitur anyar memang sedang dalam pengembangan, dan kini ada kabar lagi aplikasi obrolan milik Facebook itu sedang menyiapkan kejutan kepada penggunanya. WhatsApp memungkinkan pengguna membuka akses aplikasi menggunakan sidik jari atau pemindai wajah.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Laman pembocor informasi dan fitur WhatsApp, WABetaInfo melaporkan, aplikasi obrolan populer dunia ini sedang menyiapkan fitur penting yang sudah sangat dinanti-nanti sejak tahun lalu. 

Fitur yang dimaksud yakni WhatsApp mendukung Touch ID dan Face ID. Dengan demikian, pengguna iPhone segera bisa membuka WhatsApp menggunakan fitur biometrik di iPhone tersebut. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dikutip dari WABetaInfo, Rabu 24 Oktober 2018, laman itu menuliskan dukungan WhatsApp terhadap Touch ID sedang dalam pengembangan. Selain itu, fitur ini dikembangkan dalam pekan-pekan ini namun sayangnya fitur ini belum tersedia untuk alasan pengembangan. 

"Fitur ini membutuhkan beberapa peningkatan sebelum bisa dicicipi semua pengguna. Fitur ini masih dalam tahap high alpha," tulis WABetaInfo

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Dalam pengembangan software, setidaknya butuh dua tahap pengujian sebelum sebuah fitur software bisa benar-benar dirilis ke publik. Tahap pertama yakni pengujian alpha. Tahap pengujian ini biasanya melibatkan pengujian beberapa orang dalam di lingkaran perusahaan. Kemudian pengujian tahap selanjutnya yakni tahap pengujian beta. Pada tahap ini lazimnya, melibatkan pengujian dari beberapa pengguna luar perusahaan. 

Nantinya fitur membuka WhatsApp melalui Touch ID bisa diakses melalui opsi 'pengaturan pribadi' pada iPhone kamu. Di situ nanti ada opsi baru yang bernama Touch ID. Senada, jika iPhone kamu mendukung fitur Face ID nantinya akan opsi baru Face ID untuk membuka WhatsApp. 

Aktifkan opsi Touch ID atau Face ID. Nah begitu diaktifkan, WhatsApp akan menambahkan atau meminta izin penggunaan fitur biometrik itu untuk mengakses WhatsApp.

Nah, dalam hal opsi Touch ID dan Face ID tidak bisa bekerja, WhatsApp akan meminta pengguna untuk memasukkan iPhone Passcode. 

WABetaInfo menegaskan, tidak ada sidik jari atau kode angka yang dikirimkan ke WhatsApp. 

Soal kapan rilisnya fitur ini, laman tersebut belum bisa memastikan. Sebab pengembangan fitur ini masih dalam tahap awal. 

"Kami tak tahu kapan fitur ini akan dirilis ke publik ke semua pengguna, sebab masih dalam tahap alpha," tulis WABetaInfo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya