Jangan Pakai Warna Layar Putih, Biang Kuras Daya Baterai Ponsel

Ilustrasi warna layar
Sumber :
  • Twitter/@AndroidDev

VIVA – Google membocorkan mengapa daya baterai ponsel lebih cepat habis. Perusahaan raksasa digital membicarakan hal ini saat penyelenggaraan Android Dev Summit pekan ini. 

Tips Mengatasi Baterai Ponsel yang Tak Bisa Diisi Penuh

Dilansir dari laman Slash Gear, Sabtu 10 November 2018, Google menyatakan, faktor terbesar yang menguras daya baterai adalah kecerahan layar. Warna pada layar juga berdampak pada daya baterai. 

Google mengungkapkan, semakin cerah layar semakin cepat daya habis. Walaupun tak selalu menjadi penyebab, tapi mendekati ke alasan habisnya baterai. 

Tips Perbaiki Ponsel Android yang Enggak Mau Ngecas

Selain itu, Google memperlihatkan dengan penggunaan mode malam, daya baterai semakin menurun. Smartphone Pixel saat normal memiliki daya 250 mA sedangkan pada night mode, memiliki daya hanya 92 mA atau turun 63 persen. 

Google mempelajari hubungan warna dengan daya baterai. Ternyata ada dampaknya. Dalam paparannya, warna hitam untuk kecerahan maksimal hanya menggunakan kurang dari 100 mA. Sedangkan warna merah, hijau berada sedikit di atas 100 mA. 

Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy Note 20

Warna paling boros dengan penggunaan putih pada kecerahan maksimal, yaitu lebih dari 300 mA. Sedangkan biru berada di urutan kedua lebih dari 100 mA. 

Dengan hasil tersebut mode gelap atau warna hitam bisa membuat baterai lebih awet. Nampaknya mode ini akan dipertahankan Google untuk digunakan pada aplikasi Android. 

Password.

Cepat Ganti Password Seperti Ini Sebelum Terlambat

Perusahaan pengelola kata sandi berhasil mengetahui ratusan password yang kerap digunakan di tahun 2020.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2020