Cara Bikin Personal Sticker WhatsApp dari Foto Kamu Sendiri

Personal stickers for WhatsApp
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA –  Platform pesan instan milik Facebook, WhatsApp baru saja membuat fitur baru yang memungkinkan penggunanya berkirim stiker. Namun tahukah kamu kalau sebenarnya kita bisa membuat stiker personal yang diambil dari foto kita sendiri.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Dalam versi terbaru dari WhatsApp, tepatnya versi 2.18, opsi stiker bisa dilihat di bagian emoji. Di bagian tersebut ada satu deret menu mulai dari emoji, GIF dan stiker.

Awal kemunculannya, baru ada satu paket stiker yang terinstal di dalam platform tersebut. Namun kini varian stiker untuk WhatsApp semakin banyak dan bisa diunduh di Google Play. Tidak menutup kemungkinan jika kamu juga bisa membuat sticker sendiri.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Berikut ini, Viva ingin berbagi tips untuk membuat stiker personal diri kamu sendiri. Bisa diri orang lain, anak, ayah, teman, atau siapa saja. Semua bisa dibuat hanya dengan menggunakan satu smartphone, dua aplikasi dan lebih dari 3 gambar dengan ekspresi berbeda.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Langkah pertama adalah membuat gambar tanpa background. Yang harus kamu lakukan adalah memfoto diri kamu atau karakter orang terdekat yang ingin kamu viralkan lewat sticker. Ambil sebanyak-banyaknya, lebih dari 3 foto. Lalu ikut langkah ini,

1. Buka Google Play Store. Cari aplikasi penghapus background foto. Namanya apa saja, ketik keyword 'background eraser app'. Viva menggunakan aplikasi bernama 'Background Eraser'.

2. Unduh aplikasi tersebut, lalu buka. Akan ada menu untuk memasukkan gambar 'Load a Photo'.

3. Di sini, kira bisa menggunakan brush yang tersedia, dengan ukuran yang bisa kita atur. Zoom gambar untuk menghapus dengan mulus, sampai tak ada lagi background di foto tersebut.

4. Jika sudah selesai, simpan gambar. Foto tanpa background itu akan langsung tersimpan dalam format PNG. Ini merupakan format yang disupport WhatsApp untuk paket stiker.

Langkah kedua adalah memasukkan foto tersebut ke dalam WhatsApp dalam bentuk stiker. Untuk langkah ini dibutuhkan aplikasi bernama Personal Stickers for WhatsApp.

1. Download aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, lalu buka.

2. Saat terbuka, aplikasi itu akan langsung mendeteksi foto stiker berformat PNG yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Sentuh menu 'Add' yang berada di sebelah sticker.

4. Lalu sentuh 'Add' lagi ketika diminta. Voila! Sticker gambar kamu sudah bisa dibagikan ke pengguna WhatsApp yang lain. Tinggal pilih di bagian menu emoji kategori sticker, klik untuk mengirim.

Mudah, kan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya