Jangan Sembarangan Pakai WiFi Hotel, Ini Tips Amannya

Ilustrasi WiFi
Sumber :
  • Instagram/@der_henni_of

VIVA – Saat menginap di hotel, biasanya orang menikmati WiFi hotel yang menawarkan koneksi kencang. Namun ternyata tak ada jaminan WiFi hotel aman. 

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Baru-baru ini peretas membobol jaringan internet pada hotel bertaraf internasional, Hotel Marriott. Malah seorang sumber menyebutkan, peretas sudah membobol jaringan internet hotel bertaraf internasional itu sejak 2014.

Perusahaan keamanan execMobile mengatakan, kasus Hotel Marriott itu menunjukkan, akses WiFi pada jaringan hotel menyimpan risiko kerentanan dan bisa menjadi makanan empuk peretas. 

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

execMobile mengatakan, WiFi publik umumnya tidak aman, sebab akses koneksi ini menjadi lalu lintas banyak pengguna. Makanya tak heran, kalau kamu mengakses atau memindahkan data melalui WiFi publik, bisa jadi ada risiko pembobolan. 

Tapi kadang di saat tertentu, kita terpaksa membutuhkan akses WiFi publik. Untuk itu, execMobile memberikan beberapa tips supaya aman menggunakan WiFi publik atau WiFi hotel.

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

Jangan sembarangan akses situs

Jika kamu akhirnya terpaksa memakai WiFi publik atau WiFi hotel, teliti dan cermati situs yang kamu kunjungi. Hindari akses situs yang menyaratkan memasukkan password. Kenapa? peretas biasanya memanfaatkan skema ini untuk menyalin, mencuri informasi pribadi dan rahasia pengguna. 

Penting juga hindari situs yang menyaratkan informasi sensitif lainnya, misalnya yang meminta kamu memasukkan informasi kartu perbankan kamu. 

Pakai VPN

WiFi hotel memang tak menggaransi keamanan. Kalau sudah telanjur memakai WiFi hotel, sebaiknya lindungi dengan akses dengan software virtual private network (VPN). 

Jangan khawatir, dengan langkah perlindungan ini, walau pada jaringan koneksi WiFi mengandung malware atau semacamnya, peretas kemungkinan tidak bisa melihat aktivitas yang kamu lakukan. Sebab jaringan VPN mengenkripsi akses. Peretas tak bisa mengintersepsi, membaca dan mengambil informasi privasi yang kamu ketik.

Koneksi seluler

Untuk menghindari risiko dari akses WiFi publik atau WiFi hotel, sebagai alternatifnya pakailah akses seluler yang relatif lebih aman. 

Atau kalau kamu sedang bepergian ke luar negeri, pakailah akses operator lokal. Gunakan akses mobile sebagai hotspot. Bisa juga manfaatkan router mobile WiFi yang kamu bawa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya