Asus Pro P1440UF, Laptop untuk Pekerja Startup

Asus Pro P1440UF
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Nama Asus sebagai merek laptop ternama memang sudah tidak diragukan lagi. Selain Zenbook dan Vivobook untuk laptop kelas konsumer, ada juga ROG yang khusus untuk para gamers. Segmen korporasi pun tidak ketinggalan, ada Asus Pro.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Salah satu lini produk laptop kelas pengguna korporat adalah Asus Pro P1440UF. Desain stylish-nya bisa dilihat dengan casing solid dan finishing yang antigores.

Sisi paling ujungnya agak sedikit melengkung, memberikan ruang untuk kedua bodi agar bisa melebarkan diri alias flat. Iya, layar dan keyboard-nya bisa sejajar datar 180 derajat.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Belum diketahui secara jelas, apa maksud Asus membuat layarnya bisa datar seperti ini. Diklaim desain tersebut mampu mengurangi tekanan fisik pada engsel dan memungkinkan sudut pandang yang nyaman dan berbagi layar yang mudah.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Layar Asus Pro P1440UF berteknologi TFT LCD dengan LED backlight yang membuat tampilan lebih terang benderang, bahkan saat berpapasan dengan cahaya matahari.

Resolusi yang ditampilkan sudah HD 1366 x 768 piksel dilengkapi fitur Asus Splendid atau pengaturan warna layar. Tak hanya warna layar, kecerahannya pun bisa diatur lewat fitur eye protection.

Layar berukuran 14 inci ini memiliki kecerahan yang bisa diatur sehingga bisa melindungi mata. Dari sisi performa, kinerja Asus Pro P1440UF ini bisa diacungi jempol.

Bagaimana tidak? Laptop seharga hampir Rp10 juta ini memiliki prosesor Intel Core i5-8250U quad-core. Ini merupakan prosesor Intel yang memiliki kecepatan kinerja 1,6GHz dan Turboboost sampai 3,4GHz.

Selain prosesor, kinerja cepat Asus Pro ini juga dibantu RAM 4GB DDR4 2133 MHz. Ini bisa ditingkatkan lagi dengan menggunakan SSD, perpaduan sempurna dari akses data berkecepatan tinggi dan kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Pintu servis yang nyaman di bagian dasar memberi akses mudah untuk meningkatkan RAM atau penyimpanan tanpa membongkar seluruh perangkat. Meski tidak memiliki grafis discrete, dukungan GPU Intel UHD Graphics 620 ini cukup untuk bisa mengerjakan komputasi bisnis ringan sehari-hari.

Pasalnya, GPU ini memiliki 24 EU dengan kecepatan 300 - 1050 MHz, yang berpadu dengan prosesor di dalamnya. Untuk multitasking, di dalam Asus Pro ini sudah dibenamkan Microsoft Windows 10 Pro x64. Tak perlu membeli lisensi tambahan di luar rogohan kocek Rp10 juta.

Asus Pro P1440UF menyediakan berbagai pilihan port in dan out (I/O). Misalnya, untuk menghubungkan monitor, TV atau proyektor, ada pilihan port HDMI atau VGA (D-Sub).

Total ada empat USB port, yakni tiga port USB 3.1 yang mampu menghantarkan transfer data hingga 10 kali lebih cepat dari USB 2.0, dan satu port USB 2.0 itu sendiri. Ada juga port jaringan RJ45 untuk LAN dan internet koneksi. Selain itu, ada modul
opsional DVD Super-Multi.

Untuk urusan keyboard, laptop Asus memang mampu memberikan kenyamanan yang khas. Tombol-tombol huruf dan angka Asus Pro ini bisa memberikan proses pengetikan yang sangat nyaman berkat jeda antar tombol yang tidak terlalu jauh, namun tidak juga terlalu dekat.

Keyboard one-piece chiclet di Asus Pro ini memiliki solid-feeling keys yang tidak goyah atau miring, memiliki kekuatan kunci dan stroke yang dikalibrasi dengan cermat untuk memberikan umpan balik mengetik yang nyaman.

Touchpad ini dirancang untuk kontrol Windows yang mudah, dan mendukung gerakan multi-jari intuitif. Asus Pro memiliki modul perangkat keras built-in pada motherboard yang mendukung Wake-on-LAN (WOL).

Ini memungkinkan komputer untuk dinyalakan aktif atau dibangunkan dari mode tidur melalui pesan jaringan dari koneksi LAN. Fitur ini tidak ternilai untuk pemeliharaan dan dukungan PC jarak jauh.

Harganya memang tidak semahal Asuspro yang lain. Namun dengan spesifikasi, performa dan desain seperti ini, dibuat sedemikian rupa untuk bisa memenuhi kebutuhan para pekerja, baik kelas menengah maupun kecil. Cocok untuk karyawan startup atau UMKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya