3 Trik Forward Pesan Lebih dari 5 Kali di WhatsApp, Teruji Sukses

Ilustrasi pengguna WhatsApp
Sumber :
  • Instagram/@maurovianzedc7

VIVA – WhatsApp telah membatasi penyebaran pesan terusan ke kontak pengguna. Kini batas untuk meneruskan pesan maksimal 5 kali. Pembatasan ini berlaku di Indonesia mulai Selasa 22 Januari 2019.  Pembatasan ini bertujuan menekan penyebaran hoax melalui platform WhatsApp. 

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Dalam pengujian tim VIVA, dengan menggunakan akun WhatsApp berbasis Android yang sudah diperbarui yakni versi 2.19.16, pembatasan pesan terusan sudah berlaku.

Jika kamu mencoba meneruskan pesan atau membuat pesan siaran secara sekaligus ke 5 kontak baik grup maupun kontak pribadi, akan muncul notifikasi berupa: 'Anda hanya dapat berbagi dengan 5 chat'. 

4 Reasons Why People Hide Their WhatsApp Status

Notifikasi ini menandakan, kamu tidak bisa meneruskan pesan kamu dalam kontak lebih dari 5 kali. Kemarin, WhatsApp mengumumkan pembatasan pesan terusan berlaku per Selasa 22 Januari 2019 pukul 12.00 WIB.

Namun percobaan lain, dengan teknis yang sama yakni meneruskan pesan ke 5 kontak sekaligus, tidak mendapatkan pembatasan pesan terusan. Kasus ini, terjadi pada akun WhatsApp Android yang belum diperbarui, yakni versi aplikasi 2.18.327.

Sejumlah Alasan Seseorang Merahasiakan Status WhatsApp, Nomor Terakhir Udah Biasa

Kirim satu per satu

Tapi ada cara lain yang memungkinkan kamu bisa menghindari pembatasan pesan terusan tersebut. Tim VIVA meneruskan pesan tapi dengan teknik yang berbeda, tidak langsung ke 5 kontak, namun meneruskan pesan tersebut ke kontak secara satu per satu. 

Dengan meneruskan pesan satu per satu, tim VIVA tidak mendapatkan pembatasan. Tidak muncul notifikasi terusan pesan maksimal pada 5 kontak. Meskipun akun WhatsApp kamu sudah diperbarui, dengan teknik meneruskan pesan satu per satu tersebut, juga tidak muncul notifikasi pembatasan. Artinya kamu bisa meneruskan pesan lebih dari 5 kontak.

Notifikasi pembatasan 5 pesan terusan

Copy paste

Nah cara ini bisa dilakukan. Memang cara yang konvesional. Kamu bisa juga meneruskan pesan dengan teknik, copy paste informasi atau konten yang akan diteruskan lalu mengirimkan ke kontak yang diinginkan.

Pakai iOS

Kalau kamu pengguna WhatsApp berbasis iOS, untuk sementara kamu bisa lega. WhatsApp mengumumkan pembatasan pesan terusan maksimal 5 kali ini sementara berlaku di Android. Aplikasi milik Facebook itu mengatakan, pembatasan pesan terusan di iOS akan menyusul belakangan. (sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya