Evolusi Teknologi Satu Dasawarsa Lewat Tren #10yearschallenge

Perangkat iPhone.
Sumber :
  • bgr

VIVA – Tren #10yearschallenge secara garis besar memberi tahu kita perubahan seseorang selama 10 tahun.

Tantangan Penggunaan AI di Dunia Kedokteran

Namun, ada satu hal yang terlewatkan oleh kita, yaitu bagaimana jika perangkat teknologi yang mengikuti tantangan tersebut.

Seperti dikutip dari 9News, Rabu, 23 Januari 2019, seiring berkembangnya teknologi yang terus maju, apabila dibandingkan 10 tahun silam, tentulah sangat berbeda. Baik dari sisi software maupun hardware.

Polisi Ungkap Penyebab Jalan Alternatif Cibubur Macet Parah Sore Hari Ini

Inilah 10 evolusi teknologi selama satu dasawarsa atau dalam 10 tahun terakhir:

1. iPhone 3GS Vs iPhone X

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Pertama-tama, marilah lihat dari sisi desain. iPhone 3GS diketahui memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang iPhone X.

Kemudian, perangkat lawas itu terlihat masih memiliki tombol home, jack headphone, dan tanpa notch atau poni.

Sedangkan, iPhone X memiliki ukuran yang lebih jumbo dan memiliki notch, tanpa tombol home dan jack headphone. Keduanya juga memiliki perbedaan di perangkat lunak.

2. Fitbit 2009 Vs Fitbit Versa

Salah satu produsen wearable dengan nama Fitbit pernah mengeluarkan produknya pada 2009. Wearable adalah sebuah alat yang diletakkan di celana pengguna untuk melacak gerakan, waktu tidur, dan kadar kalori yang terbakar.

Sedangkan, versi yang lebih baru, Fitbit Versa juga diketahui dapat melakukan hal tersebut. Bedanya, wearable baru ini memiliki desain yang lebih modern dan memiliki beberapa konektivitas yang dibutuhkan pengguna.

Itu 10 tahun silam. Saat ini, Fitbit dipakai dengan cara melingkarkannya di pergelangan tangan.

iPhone X.

3. Samsung Galaxy Original Vs Samsung Galaxy S9

Pada 2009, perangkat ini masih memiliki nama yang murni tanpa tambahan embel-embel di bagian belakang alias original, Samsung Galaxy.

Perangkat tersebut merupakan dobrakan dari Android, yang saat ini desainnya begitu berbeda dengan Samsung Galaxy S9. Saat ini keluarga Galaxy terbaru bahkan tidak memiliki satu pun tombol.

Ini berbeda dengan 10 tahun lalu yang tombolnya bisa mencapai lima. Bahkan, rasio layar Galaxy S9 diketahui mencapai 84 persen dengan bentang layar yang lebih luas.

4. Kindle 2 vs Kindle Paperwhite

Kindle merupakan perangkat yang dikembangkan oleh Amazon.com. Gawai ini merupakan perpaduan dari software dan hardware yang digunakan untuk menyimpan maupun membaca buku.

Perangkat ini diluncurkan pada 2007. Sedangkan, Kindle 2 merupakan generasi berikutnya yang memudahkan pengguna dalam pembelian buku.

Kemudian, sekarang yang paling terbaru adalah Kindle Paperwhite, yang desainnya ramping dengan ukuran yang lebih ringan.

Untuk model terbaru ini pengguna tidak hanya sekadar membaca, tetapi akan memiliki rekomendasi buku berdasarkan apa yang sudah dibaca.

5. LG Plasma vs LG OLED

TV plasma seperti LG PS8000 dulunya pernah sangat populer. Namun, saat ini perusahaan telah mengubah fokusnya. Mereka menciptakan TV dengan layar OLED, dan menjadi populer di pasar, yang salah satunya TV OLED 4K 2019. Selain perbedaan desain, perubahan gambar juga menjadi bukti peningkatan kualitas.

6. 2009 Macbook Pro vs 2018 Macbook Pro

Macbook Pro model terbaru memiliki desain jauh lebih tipis dan lebih ringan dari model 2009. Terlihat pada bagian keyboard menjadi lebih melebar di seluruh perangkat dan semua port telah diperbarui ke USB-C. Macbook terbaru juga menyertakan Touch Bar di bagian atas keyboard.

7. Xbox 360 vs Xbox One X

Xbox merupakan perangkat yang biasanya dimanfaatkan untuk bermain game. Perubahan dalam 10 tahun terakhir terlihat sangat berbeda jauh, terutama dalam hal desain. Desain Xbox One X bahkan diklaim menghancurkan model dari Xbox 360.

Samsung Galaxy S9 dengan fitur AR Emoji.

8. Windows 7 vs Windows 10

Jika sebelumnya adalah serangkaian teknologi campuran antara perangkat keras dan lunak, kali ini datang dari sisi software, antara Windows 7 dan Windows 10.

Windows yang lebih terbaru ini memiliki tampilan yang lebih dinamis dan menawarkan fungsionalitas yang lebih beragam dibanding generasi terdahulu.

Kendati sudah lawas, masih banyak saja pengguna yang menggunakan Windows 7, angkanya mencapai 42,8 persen. Kabarnya perangkat lunak ini akan berakhir di awal 2020, selepas itu Windows 7 tidak lagi mendapat perlindungan keamanan.

9. Samsung S9110 vs Samsung Galaxy Gear

Smartwatch yang datang dari Samsung untuk saat ini lebih dikenal dengan sebutan Galaxy Gear. Namun, apakah kalian tahu bahwa 10 tahun yang lalu produknya itu dinamakan S9110.

Meskipun tidak ada bukti nyata, namun kepopuleran Galaxy Gear saat ini dimulai dari perangkat lawasnya itu.

10. PS3 Slim vs PS4 Pro

Pada urutan terakhir terdapat perangkat atau device yang biasa digunakan untuk gamer. Tidak terlihat perbedaan yang mencolok, namun PS4 Pro memiliki perbedaan lengkungan jika dibandingkan dengan PS3 Slim.

Kendati tidak memiliki banyak perbedaan, gamer tidak boleh tertipu dengan perbedaan yang terletak di dalamnya. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya