Review Samsung Galaxy M20, Ponsel Rp2 Jutaan dengan Baterai Jumbo

Samsung Galaxy M20.
Sumber :
  • Dok. VIVA Digital

VIVA – Belum lama ini perusahaan teknologi yang berbasis di Korea Selatan, Samsung, meluncurkan Galaxy M20 di Indonesia dengan jargon #SobatAntiLowbat. Ponsel ini adalah ponsel pertama dari seri M, yang sebelumnya dirumorkan menggantikan seri A dan Seri J.

Menteri Bahlil Sebut Ada Pihak Ingin Jegal Hilirisasi di Indonesia

Membawa sejumlah spesifikasi yang menakjubkan, tim VIVA Digital berkesempatan menggunakannya selama sepekan. Kala membuka dus ponsel, kami juga mendapatkan headset, perangkat pengisi daya, kunci pembuka slot kartu, dan sejumlah buku.

Ulasan yang akan disampaikan akan fokus di sisi desain, performa, kamera dan baterai pada Galaxy M20. Berikut ulasannya:

Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Samsung Galaxy M20 tampak belakang.

Desain

Apple Watch 10 Dibekali Fitur Pengukur Tekanan Darah

Pertama-tama mari kita lihat dari sisi desain. Galaxy M20 memiliki bentang layar 6,3 inci. Ukuran ini sangat pas saat digenggam oleh tangan, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk bagian belakang terdapat dual kamera yang disusun vertikal, dan terdapat keamanan sidik jari di sisi tengah.

Untuk warnanya sendiri ialah charcoal black. Jika didefinisikan, hitam yang ada pada ponsel tidak terlalu pekat, bahkan sekilas terlihat seperti biru tua karena sifat warnanya yang mengilat. Beralih ke sisi samping, terdapat dua slot untuk kartu SIM dan satu slot untuk microSD.

Sedangkan sisi sebelahnya terdapat tombol power dan tombol volume. Pada bagian bawah sendiri terdapat lubang speaker, lubang headset dan lubang charging type-C.  Kemudian, pada bagian depan, Samsung mendesainnya dengan infinity-V, notch atau poni kecil ini ditanamkan kamera selfie.

Performa

Bicara ponsel tentu tidak lengkap jika tidak mengetahui tentang prosesornya. Galaxy M20 ditenagai dengan Exynos 7904 octa-core dan RAM 3GB. Berkat chip ini kerja ponsel menjadi tidak lelet. Kemudian saat digunakan untuk game kasual, kerja ponsel masih patut diacungi jempol.

Namun, tidak untuk digunakan bermain game yang berat. Saat digunakan untuk bermain Mobile Legend, suhu ponsel akan berubah menjadi panas ketika sudah dimainkan selama setengah jam. Ponsel berjalan dengan Android 8.1 Oreo yang disandingkan dengan Samsung UI Experience 9.5.

Samsung juga telah memasang aplikasi AnTuTu Benchmark di ponsel, hasilnya Galaxy M20 mencetak skor 107.686 poin. Sedangkan skor pada Geekbench hasilnya, 1.308 untuk single-core dan 4.095 untuk multi-core.

Hasil foto malam dari jepretan kamera Samsung Galaxy M20.

Kamera

Kemampuan kamera menjadi bagian terfavorit banyak pengguna ponsel, khususnya bagi mereka si pecinta fotografi. Dimulai dari dual kamera belakang, untuk kamera utamanya diketahui berkekuatan 13MP dengan bukaan f/1.9. Sementara itu kamera keduanya 5MP, yang berfungsi untuk memotret dengan ukuran yang lebih lebar.

Untuk ponsel kelas menengah, kualitas kamera dinilai sudah cukup bagus, apalagi jika didukung dengan cahaya memadai. Juga terdapat fitur bokeh (fokus live) yang saat ini tengah digemari para fotografer profesional maupun kasual.  Kemudian untuk kamera depannya berkekuatan 8MP dengan bukaan f/2.0.

Baterai

Ulasan terakhir yang akan dibahas adalah mengenai performa baterai. Ponsel yang dibanderol Rp2,8 juta ini sangat mengandalkan baterai, bahkan perusahaan mengatakan ponsel dipersembahkan untuk pengguna yang harus tetap terhubung dengan perangkat, salah satu contohnya adalah pengemudi ojek online.

Daya pada ponsel Galaxy M20 diketahui mencapai 5.000mAh. Ponsel dapat bertahan lebih dari satu hari untuk penggunaan yang tidak terlalu berat. Bisa untuk mendengarkan musik, nonton video YouTube, jelajah di internet, dan media sosial Instagram.

Meski memiliki daya jumbo, perusahaan juga membekalinya dengan fitur fast charging. Untuk membuat dayanya penuh, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, dari nol hingga 100 persen. Jadi pengguna akan terhindar dari rasa bosan ketika harus menunggu baterai ponsel terisi penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya