Posting Stories Tiba-tiba Diblokir, Begini Kata Instagram

Kantor Pusat Instagram
Sumber :
  • Instagram/@saretta32

VIVA – Belum lama ini, beberapa pengguna Instagram mengeluhkan pemblokiran saat mengunggah Instagram story dengan latar alunan lagu tertentu. Salah satu pengguna awalnya merasa heran kenapa Instagram story mereka tiba-tiba diblokir oleh Instagram. 

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Awalnya bingung namun belakangan menduga kemungkinan karena langkah menyertakan musik dalam Instagram story melanggar ketentuan hak cipta yang berlaku di Instagram. 

Media sosial berbagi foto Facebook itu memang punya kebijakan ketat soal hak cipta. Makanya Instagram yang menemukan tindakan melanggar hak cipta ini akan memblokir konten. Kategori hak cipta yang dilindungi Instagram meliputi kategori visual yakni video, film, acara TV, penyiaran, video game, lukisan dan fotografi; kategori suara meliputi lagu, komposisi musik, rekaman suara, rekaman kata-kata yang diucapkan; kategori tertulis yakni buku, drama, naskah, artikel, dan skor musik.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Instagram mengatakan, mereka bakal menindaklanjuti keluhan dari pemilik hak yang mengklaim konten mereka dilanggar di Instagram. 

"Kami mungkin akan segera menghapus konten tersebut dari Instagram tanpa terlebih dahulu menghubungi Anda," demikian kebijakan Instagram dikutip Senin 4 Maret 2019. 

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Instagram mengatakan, mereka menghapus konten yang dikirimkan pengguna bisa saja karena suatu laporan kekayaan intelektual dari formulir online yang diterima platform tersebut. 

"Dan Anda akan menerima pemberitahuan dari Instagram yang menyertakan nama dan alamat email pemilik hak yang membuat laporan dan atau perincian laporan," tulis Instagram. 

Namun demikian, Instagram menyadari ada kemungkinan mereka menindak konten pengguna dengan tidak semestinya. Makanya Instagram terbuka untuk memulihkan tindakannya. 

"Jika Anda meyakini bahwa konten tersebut tidak seharusnya dihapus, Anda akan diberikan kesempatan untuk mengajukan banding. Apabila hal ini terjadi, Anda akan menerima petunjuk lebih lanjut tentang proses ini dalam pemberitahuan yang Anda terima dari Instagram," tutur Instagram. 

Nah jika kamu berulang kali mengirimkan konten yang melanggar hak kekayaan intelektual orang lain, Instagram akan menonaktifkan akun kamu berdasarkan kebijakan pelanggar berulang Instagram. 

"Jika sesuatu yang Anda kirimkan dikembalikan karena banding yang berhasil atau karena pemilik hak mencabut laporan mereka, kami akan mempertimbangkan pengembalian tersebut berdasarkan kebijakan pelanggar berulang kami," tulis Instagram. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya