Akun Facebook Diretas, Lakukan Langkah Wajib Ini

Logo Facebook.
Sumber :
  • Instagram/@lxa_london_dubai

VIVA – Belakangan kasus peretasan terhadap akun media sosial tokoh politik sering terjadi. Peretasan ini menjadi drama, sebab sampai kini tidak tertangani sampai tuntas, siapa sebenarnya yang melakukan aksi tersebut.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Berkaitan dengan hal tersebut, Facebook mengingatkan pengguna untuk selalu menjaga akses akun masing-masing. Namun demikian, media sosial raksasa besutan Mark Zuckerberg itu mengatakan, selalu ada risiko peretas bisa mengambil alih akun pengguna. Untuk itu Facebook memberikan beberapa tips jika akun Facebook kamu diretas. 

Cek dan laporkan

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Jika tiba-tiba kamu tidak dapat mengakses akun, ada kemungkinan peretas telah menghapus akun kamu atau mengubah detail login kamu. Pengguna bisa mengecek https://www.facebook.com/hacked dan laporkan akun yang disusupi tersebut.

Facebook akan membantu kamu untuk mendapatkan akunmu kembali, dengan mencari akunmu menggunakan alamat email atau nomor telepon terkait.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Jika kamu mengaktifkan ‘Pilih Teman’ untuk dihubungi saat kamu tidak dapat mengakses pada menu Pengaturan, maka kamu dapat menggunakan fungsi ini untuk meminta akses ke akun kamu juga. 

Di dalam fungsi ini, kamu dapat memilih tiga hingga lima orang yang kamu percayai, yang nantinya dapat memberikan akses kembali ke akun kamu. 

Untuk mengaktifkan fungsi ini, pilih Lupa akun? pada halaman login dan cari akun kamu dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon. Ketika akun ditemukan, masukkan nama salah satu kontak yang kamu percayai, yang akan menerima pemberitahuan, dan muncul sebuah tautan yang hanya bisa diakses oleh penerima. Ketika kontak kamu membuka tautan tersebut, mereka dapat
memberikan kamu kode pemulihan untuk akunmu.

Ganti akses keamanan

Ketika akun kamu telah kembali, penting untuk meningkatkan keamanan akun dengan mengganti kata sandi secara berkala atau menggunakan two-factor authentication (2FA) 

2FA itu bisa kamu temukan di Pengaturan > Login dan Keamanan. Facebook juga merekomendasikan kamu untuk menghapus aplikasi yang mencurigakan atau berbahaya, yang memiliki akses terhadap data di akun Facebook kamu. 

Kamu dapat melakukan hal ini di menu Pengaturan > Aplikasi dan Situs Web, dan secara khusus memeriksa daftar aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, atau tidak kamu kenali dan menghapusnya.

"Kami juga merekomendasikan untuk memberitahukan teman kamu bahwa akun kamu disusupi dan meminta mereka untuk tidak mengakses atau mengklik tautan dan postingan yang mencurigakan dari akun tersebut," kata Facebook dalam keterangan tertulisnya, Senin 15 April 2019.

Pengguna dapat mengatur pemberitahuan tentang login yang tidak dikenali dari menu Pengaturan terus Login dan Keamanan di akun Facebook kamu. Ketika diaktifkan, Facebook akan memberitahukan ke kamu jika ada seseorang yang memasuki akun dengan perangkat atau browser yang tidak biasanya kamu gunakan dan akan memberikan panduan untuk mengamankan akunmu.

Ketika seseorang dari alamat IP yang sangat berbeda mencoba login dengan nama dan kata sandi yang benar, di waktu yang bersamaan dengan kamu, Facebook dapat mengaktifkan fungsi Social Verification. Foto dari teman-teman dekat akan muncul dan orang yang melakukan login tersebut harus mengenali dan menjawab nama-nama orang di foto tersebut.

Peretas ada di mana-mana dan celah baru akan muncul seiring dengan aktivitas online kamu di aplikasi dan platform seperti Facebook. 

"Untuk itu, penting untuk tetap waspada dan secara aktif mengatur lapisan keamanan kamu dan memahami dengan tepat langkah-langkah yang harus dilakukan jika akun Facebook kamu diretas," ujar Facebook. (ali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya