3 Bahaya Mengancam Saat Pakai Wifi Publik di Luar Negeri

Free wifi.
Sumber :
  • Instagram/@richardsydneyallen

VIVA – Hampir semua ahli keamanan siber setuju jika wifi publik merupakan salah satu medium yang digunakan oleh hacker jahat untuk mencuri data pribadi penggunanya.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Maka dari itu, sangat disarankan untuk bisa berhati-hati dalam mengakses wifi publik, apalagi jika berada di luar negeri.

Banyak yang belum sadar sepenuhnya bahaya yang dapat ditimbulkan jika terhubung dengan Wifi publik. Ada potensi ancaman kejahatan siber di sana.

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Norton LifeLock Cyber Safety Insights Report 2018 menyebutkan, di 16 negara, lebih dari satu miliar orang dewasa menjadi korban kejahatan dunia maya.

Jumlah ini meningkat dari 800 juta orang tahun lalu. Hampir 2 dari 3 (64 persen) orang percaya bahwa mereka kemungkinan mengalami kejahatan dunia maya di tahun berikutnya.

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

JavaMifi, vendor penyewaan modem wifi saku, menyebut setidaknya ada 3 bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan wifi publik selama di luar negeri:

1. Pencurian identitas

Salah satu cara hacker mencuri data adalah menjadi penyedia wifi palsu. Apabila ada perangkat atau device yang terkoneksi dengan wifi tersebut maka dapat dipastikan segala aktivitas browsing bisa dilihat oleh hacker.

2. Virus menyebar

Bahaya ketika menggunakan wifi publik selanjutnya adalah mudah terinfeksi virus, seperti malware. Malware paling mudah menyebar melalui koneksi wifi yang minim fitur keamanannya.

Virus ini pun dapat mencuri file penting di dalam perangkat. Selain itu, ada pula ransomware, malware yang mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya mengakses data hingga sejumlah tebusan harus dibayar.

Bila tebusannya tidak dibayar hingga waktu yang ditentukan, maka data akan dihapus atau disebar secara permanen oleh si pembuat ransomware.

3. Pembajakan media sosial

Dengan menggunakan Wifi publik, para hacker bisa memindai dan memindahkan data (nama akun, password, dan nomor kartu kredit) dari perangkat pengguna ke perangkat para hacker. Bukan itu saja, hacker juga dapat menipu orang-orang terdekat dengan mengaku sebagai Anda.

"JavaMifi adalah solusi bebas serangan siber saat travel. Tidak hanya melindungi para pengguna dari serangan siber, JavaMifi juga memberikan layanan VPN terintegrasi di setiap modemnya, untuk memastikan para pengguna dapat ‘berselancar’ dengan aman dan nyaman tanpa batas," kata Pendiri JavaMifi, Suhartanto Raharjo, dalam keterangannya, Rabu, 17 April 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya