Instagram Kamu Diretas? Lakukan 4 Langkah Wajib Ini

Kantor Pusat Instagram
Sumber :
  • Instagram/@_pyyp_

VIVA – Kabar peretasan akun Instagram istri komedian Andre Taulany, Erin Taulany membuat heboh pengguna internet Tanah Air. Erin mengaku akun Instagram miliknya diretas seseorang dan di luar kendali, akun miliknya mengunggah cibiran kepada calon presiden Prabowo Subianto. Kontroversi merespons pengakuan Erin tersebut. 

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Dikutip dari keterangannya, Selasa 23 April 2019, Instagram sejatinya sudah mengingatkan kepada pengguna untuk melakukan beberapa langkah jika merasa akun diretas. 

Jika pengguna merasa bahwa akunnya telah diretas atau diambil alih, Instagram mengatakan ada sejumlah tindakan yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun. Berikut saran Instagram: 

Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Mau Hapus Jejak?

Periksa akun email

Jika menerima email dari Instagram yang memberi tahu alamat email kamu telah diubah, kamu bisa mengurungkannya dengan menggunakan opsi kembalikan perubahan ini di pesan itu. 

Shin Tae-yong Populer di Instagram, Raup Cuan Jadi Bintang Iklan

Jika informasi tambahan juga diubah, misalnya informasi kata sandi, dan kamu tidak bisa mengembalikan alamat emailmu, silakan laporkan akun itu kepada Instagram.

Laporkan akun

Untuk laporan di Android

1. Pada layar login, ketuk 'Dapatkan bantuan untuk login' di bawah 'Login'.

2. Masukkan nama pengguna, email, atau nomor telepon kamu, lalu ketuk 'Berikutnya'. Pelajari selengkapnya tentang apa yang bisa kamu lakukan jika tidak mengetahui nama pengguna kamu. 

3. Selanjutnya ketuk 'Perlu bantuan lain?', lalu ikuti petunjuk di layar.

"Pastikan kamu memasukkan alamat email yang aman, yang hanya bisa diakses oleh kamu. Setelah mengirimkan permintaan, tunggu email dari Instagram yang berisi langkah berikutnya," jelas Instagram. 

Untuk laporan di iOS atau iPhone 

1. Pada layar login, ketuk 'Lupa kata sandi?'.

2. Ketuk 'Perlu bantuan lain?' di bawah 'Kirim Tautan Login', lalu ikuti petunjuk di layar.

"Pastikan kamu memasukkan alamat email yang aman, yang hanya bisa diakses oleh kamu. Setelah mengirimkan permintaan, tunggu email dari Instagram yang berisi langkah berikutnya," tulis Instagram. 

Memverifikasi identitas

Setelah mengirimkan permintaan, kamu akan menerima email balasan otomatis dari Tim Keamanan di Instagram yang memintamu membantu Instagram memverifikasi identitas. 

Kamu akan dimintai salah satu atau kedua info berikut:

1. Foto diri kamu yang sedang memegang kertas berisi kode tulisan tangan dari Instagram.

2. Alamat email atau nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar dan jenis perangkat yang kamu gunakan saat mendaftar (contoh: iPhone, Android, iPad, lainnya).

"Setelah memberikan informasi untuk membantu kami memverifikasi identitasmu, kami akan mengirimkan petunjuk khusus untuk memulihkan akun di alamat email aman yang kamu berikan," ujar Instagram. 

Akun diretas tapi masih bisa login

Nah, dalam kasus kamu merasa akunmu diretas tapi masih bisa login, Instagram menyarankanmu untuk melakukan langkah pengamanan yakni 

1. Ubah kata sandi atau minta email reset kata sandi

2. Cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan

3. Aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya