Logo WARTAEKONOMI

Stop Pakai Password yang Sama di Tiap Media Sosial, Berbahaya

Bahaya! Setop Gunakan Sandi Serupa di Tiap Medsos. (FOTO: The Verge)
Bahaya! Setop Gunakan Sandi Serupa di Tiap Medsos. (FOTO: The Verge)
Sumber :
  • wartaekonomi

Media sosial banyak digunakan untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Namun, beberapa pengguna media sosial cenderung membagikan hal terkait privasi terlalu banyak.

Detail seperti lokasi, tempat liburan atau data pribadi lainnya yang dibagikan, membuat mereka rentan terhadap kejahatan siber, bahkan lebih buruk.

Menurut survei konsumen perusahaan solusi keamanan siber, ESET, di Asia Pasifik sebanyak 31 persen responden mengaku telah berbagi informasi pribadi dengan orang asing di media sosial.

Hal itu tidak hanya mempengaruhi pengguna yang terlibat, tetapi juga teman dekat dan keluarga mereka.

"Dengan peningkatan akses internet, orang menghabiskan lebih banyak waktu online. Tapi sangat mengkhawatirkan melihat banyak pengguna internet di wilayah Asia Pasifik masih ada yang berbagi informasi secara sukarela pada orang asing," jelas Konsultan Keamanan TI PT Prosperita (ESET Indonesia), Yudhi Kukuh, dalam keterangan resmi yang diterima Warta Ekonomi, Jumat (21/6/2019).

Kemudian, 68 persen responden survei ESET menghabiskan lebih dari tiga jam sehari di internet, dengan sekitar 10 persen menghabiskan 10 jam sehari.

Bahkan, 64 persen responden di tiap negara Asia Pasifik, kecuali Thailand (45 persen) menghabiskan waktu hingga enam jam sehari di internet.