Logo BBC

Begini Cara Kerja Aplikasi Pelacak Kontak Penangkal COVID-19

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

A staged photo of a person using the Australian government`s coronavirus tracking app on a phone
EPA
Alat pelacakan menggunakan sinyal nirkabel Bluetooth untuk melakukan "jabat tangan digital" dengan pengguna lain ketika mereka berada dalam jarak 1,5 m.

Pemerintah Australia meminta seluruh warganya untuk mengunduh Aplikasi Pelacak Kontak penangkal COVID-19 untuk memonitor pergerakan orang di tengah wabah Virus Corona. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan penggunaan aplikasi itu secara luas akan menjadi "tiket" ke kehidupan normal yang akan dimulai kembali sesegera mungkin.

Tiga juta orang telah mengunduh aplikasi COVIDSafe sejak diluncurkan pada Minggu (26/04) malam, kata pemerintah Australia.

Demi efektivitas maksimum, pemerintah Australia menegaskan bahwa sekitar 40 persen populasi perlu mengunduhnya.

"Saya akan menyamakannya dengan fakta, jika Anda ingin pergi ke luar rumah ketika Matahari bersinar, Anda harus mengenakan tabir surya. Ini adalah hal yang sama," kata Morrison.

Australia berhasil meratakan kurva kasus positif corona, dengan hanya satu kasus dari sumber yang tidak diketahui, sebagaimana dilaporkan pada Selasa (28/04).

Pemerintah berencana untuk memperluas skrining Covid-19 setelah mengadakan 10 juta lebih test kit pada Rabu (29/04). Negara ini mencatat sekitar 6.700 kasus dengan 88 kematian.