Cara Mudah Tambah Sinyal WiFi di Rumah

Perangkat router
Sumber :
  • TP-Link

VIVA – Banyak yang harus diperhatikan, saat memutuskan untuk merenovasi rumah dengan cara menambah jumlah lantai. Mulai dari memikirkan posisi tangga, hingga memastikan kekuatan pondasi.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Faktor lain yang juga tidak boleh dilupakan, yakni menambah kekuatan sinyal WiFi. Teknologi nirkabel itu sejak awal selalu bermusuhan dengan semen dan cor, sehingga saat menempati ruang atas tiba-tiba kehilangan akses internet.

Cara paling mudah untuk menambah sinyal WiFi, yakni dengan memasang perangkat penguat sinyal atau biasa dikenal dengan sebutan Range Extender.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Peranti itu banyak tersedia di toko komputer dan elektronik, dengan harga yang bervariasi. Namun sama seperti perangkat lainnya, WiFi Range Extender juga memiliki spesifikasi yang berbeda sesuai fitur yang dipasang.

WiFi Range Extender.

Photo :
  • Tp-Link
Telkomsel Kasih Kabar Positif

Contohnya seperti yang ada di Tp-Link RE305 AC1200, yang memadukan tiga teknologi sekaligus. Pertama yakni membantu menghilangkan dead zone atau zona mati Wi-Fi dengan sinyal yang kuat dan kecepatan hingga 1,2 Gbps.

Kedua, penggunaan Wi-Fi Dual band yang memungkinkan perangkat tersebut dioperasikan pada frekuensi 2.4 GHz (kecepatan 300 Mbps) dan 5 GHz (kecepatan 867 Mbps).

Sinyal nirkabel dipancarkan pada dua pita frekuensi terpisah, memberi lebih banyak fleksibilitas dalam hal terhubung ke internet. Jadi, perangkat ponsel atau laptop lama maupun baru bisa menggunakan WiFi yang sama.

Ketiga, adanya teknologi Intelligent Signal Light yang membantu menemukan lokasi terbaik untuk jangkauan Wi-Fi yang optimal.

Pada perangkat RE305 AC1200 akan terlihat lampu berwarna biru dan merah. Jika biru yang menyala, maka itu tanda lokasinya terbaik, sementara jika warna merah artinya koneksi cukup jauh dari router.

“Gunakan pita 2,4 GHz untuk mengirim email dan menjelajahi web, dan pita 5 GHz untuk bermain game dan streaming video berkualitas HD,” ujar Marketing Manager TP-Link Indonesia, Yoshia melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Tekno Jumat 29 Oktober 2021.

Pengguna tidak perlu mengganti router, karena perangkat ini kompatibel dengan Wi-Fi router pada umumnya. Tersedia juga satu port ethernet 10/100M, yang dapat digunakan untuk mengubah koneksi internet kabel menjadi access point.

Konfigurasi perangkat seharga Rp300 ribuan itu bisa dengan mudah dilakukan, melalui aplikasi Tether App yang dapat diunduh untuk mengatur range extender dari perangkat Android maupun iOS. 

“Cukup sambungkan range extender dengan router utama secara wireless, dan dapatkan jangkauan internet ekstra di tempat anda,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya